Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) meminta kepada warga agar memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan untuk mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan Jamaluddin, di Kalianda, Senin, mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membuat surat edaran kepada warga agar memberikan vaksin hewan peliharaannya seperti anjing, kucing, dan kera," katanya.

Ia mengatakan, dinas peternakan dan kesehatan hewan juga telah merespons dengan baik dan akan segera menindaklanjuti laporan-laporan terkait vaksin untuk hewan penular rabies.

Oleh karena itu, untuk warga yang terkena gigitan HPR (hewan pembawa rabies), terutama milik sendiri setelah dibawa berobat ke puskesmas terdekat akan dilakukan observasi terlebih dahulu. Jika binatangnya mati setelah beberapa hari menggigit maka akan langsung diberikan suntikan vaksin anti rabies atau VAR.

"Terkait ada beberapa kasus gigitan hewan penular rabies di Lampung Selatan, kami sudah menindak lanjuti, dan agar warga segera lapor ke faskes (fasilitas kesehatan) terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut dan jika perlu mendapatkan vaksin anti rabies," kata dia.

Dirinya juga menjelaskan, otoritas kesehatan Lampung Selatan akan menangani orang-orang yang terkena gigitan, untuk mendapatkan vaksin.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan hidup bersih seperti segera mencuci luka jika terkena gigitan hewan penular rabies dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Menurutnya, pihaknya telah menangani sebanyak 21 kasus gigitan hewan penular rabies pada Juni 2024 yang seluruhnya sudah ditangani fasilitas kesehatan setempat.

Untuk diketahui, penyakit rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dapat menyerang hewan berdarah panas dan manusia.

Virus rabies yang ditularkan binatang seperti anjing, kucing dan kera yang terinfeksi virus itu kepada manusia bisa menyebabkan kematian sehingga warga diminta untuk selalu waspada agar tidak menjadi korban.

Baca juga: Distan Bandarlampung: Orang tergigit HPR divaksinasi tiga kali

Baca juga: UPTD Kesehatan Hewan Lampung menyediakan 1.500 dosis vaksin rabies

Baca juga: Tanggamus tangani 17 kasus gigitan hewan penular rabies


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024