Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan banyak negara G20 mengapresiasi dan mendukung kebijakan iklim Indonesia seperti FoLU Net Sink 2030 dengan Presidensi G20 memantapkan peran Indonesia dalam penanganan perubahan iklim.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin, Menteri LHK menjelaskan sejumlah negara G20 menyatakan apresiasi atas upaya mencapai penyerapan bersih emisi sektor kehutanan dan penggunaan lahan atau FoLU Net Sink 2030, yang merupakan salah satu program prioritas lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

"Banyak sekali rekan-rekan dari luar negeri yang mendukung langkah kita dalam rangka perubahan iklim. Bettina Hofmann dari Jerman menyebutkan dukungan serta kerja sama terkait perlindungan keanekaragaman hayati dan iklim, gambut dan polusi plastik di laut," kata Siti.
 

Pihak lain yang menyampaikan apresiasi adalah Adiminstrator Lingkungan Hidup Amerika Serikat (AS) Michael S Regan yang mengatakan RI dan AS memiliki sejarah panjang terkait lingkungan hidup.

Pihak AS menyampaikan kesepahaman bahwa FoLU Net Sink yang dirancang Indonesia merupakan catatan penting untuk perubahan iklim.


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri LHK sebut banyak negara G20 dukung kebijakan iklim Indonesia

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024