Bandarlampung (ANTARA) - Kegiatan operasional pabrik AQUA Tanggamus dijalankan dengan konsep ramah lingkungan, mengingat seluruh proses produksi termasuk pemanfaatan sumber daya alam dilaksanakan secara bijak, sesuai peraturan yang berlaku, serta selalu memperhatikan faktor dampak lingkungan.

"Saat ini pabrik AQUA Tanggamus menerapkan program blue operations' yaitu penerapan produksi yang ramah lingkungan dari hulu sampai ke hilir pada setiap aspek produksi," kata Kepala Pabrik AQUA Tanggamus Asep Mawan Ruswandi, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, dengan demikian proses produksi yang dijalankan dilakukan secara efektif dan efisien dengan senantiasa memperhatikan faktor sosial lingkungan secara terintegrasi

Pabrik yang berada di kaki Gunung Tanggamus di Pekon Teba, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung itu produk AQUA diproses secara higienis, mulai dari pemanfaatan air dari sumber air alamiah yang terlindungi, proses produksi yang higienis hingga menjadi air minum dalam kemasan berkualitas yang siap dikonsumsi. 

Asep, menambahkan alam blue operations terdapat tiga pilar utama pengelolaan produksi yang ramah lingkungan, yaitu efisiensi di bidang energi--air--dan kemasan. 

"Untuk energi kami menjalankan program-program hemat energi dalam kegiatan operasional sehari-hari di pabrik. Terkait efisiensi air kami berupaya untuk memanfaatkan air secara bijak; setiap tetes air sangat berharga untuk kami. Selain itu kami berupaya menjaga sumber-sumber air di sekitar kami bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk kemasan kami telah menggunakan kemasan plastik hasil daur ulang, yang dengan sendirinya mendorong terbentuknya ekonomi sirkular," jelasnya.

Sementara itu External Relations Senior Manger Wilayah Sumatera Wirnos mengatakan, proses produksi yang ramah lingkungan itu didasari pada visi one planet one health, yang dijalakan pabrik AQUA Tanggamus sebagai bagian dari Danone-AQUA. 

Visi tersebut menegaskan bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat. Oleh karena itu dalam menjalakan kegiatan operasional pabrik AQUA Tanggamus selain sibuk menghasilkan air minum dalam kemasan yang berkualitas, juga giat melakukan berbagai kegiatan sosial lingkungan.

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024