Magelang (Antara) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan provinsi ini siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional pada 2020.

"Saya sampaikan pada publik, Jateng sedang mengusulkan menjadi tuan rumah PON 2020, maka kita tunjukkan bahwa aktivitas olahraga kita tinggi, venue-venue di Jateng siap, dan masyarakatnya mendukung, maka Jateng layak menjadi tuan rumah PON 2020," katanya di Magelang, Minggu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai mengikuti acara "Gowes Bareng Gubernur Jateng" dari Alun-Alun Kota Magelang menuju Candi Borobudur Kabupaten Magelang berjarak sekitar 25 kilometer yang diikuti ribuan peserta.

Menurut dia, antusiasme masyarakat mengikuti olahraga bersepeda ini bisa menunjukkan bahwa masyarakat Jateng benar-benar mendukung Jateng sebagai penyelenggara PON 2020.

Ia mengatakan persiapan untuk menjadi tuan rumah PON luar biasa, sejumlah daerah seperti Semarang, Solo, magelang, Tegal sudah siap.

"Saya sudah keliling, seluruh venue sekarang lagi didokumentasikan untuk diberikan pada saat verifikasi," katanya.

Menurut  Ganjar, beberapa kabupaten sampai dengan 2020 pelan-pelan sudah melakukan perbaikan seluruh venue.

"Kalau dikatakan apakah Jateng benar-benar siap, saya bilang tahun depan jadi kita siap, kalau perlu tahun depan dilaksanakan kita siap, karena venue yang ada hampir semuanya siap," katanya.

Ia mengatakan dengan kesipan venue tersebut sehingga nanti tinggal bicara kapasitas, cabang olahraga, dan tempatnya saja.

"Dukungan transportasi akomomodasi semuanya juga siap," katanya.

Ia berharap kegiatan "Gowes Bareng Gubernur Jateng" bisa berputar ke daerah lain. Hari ini Magelang, bulan depan bisa di Banyumas, kemudian bulan depannya lagi di Solo dan seterusnya.

"Spirit olahraga ini bisa kita tunjukkan kepada Jakarta bahwa Jateng siap menjadi tuan rumah PON 2020. Saya minta pada masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif dan kita tingkatkan semangat olahraga," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024