Hujan deras hingga cuaca ekstrem di Lampung, ini tips aman kelistrikan PLN

id pln, pln uid lampung, pln mobile, tips ,cuaca ekstrem

Hujan deras hingga cuaca ekstrem di Lampung, ini tips aman kelistrikan PLN

Ilustrasi - Petugas tengah memperbaiki jaringan listrik (ANTARA/HO)

Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung untuk selalu berhati-hati
Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung turut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada akan potensi bahaya listrik akibat cuaca ekstrem saat ini yakni hujan deras disertai angin kencang dan menyebabkan genangan air hingga banjir di sejumlah titik.  

Potensi bahaya Listrik pada saat hujan deras diantaranya dapat terjadi pada instalasi listrik di hunian milik masyarakat sendiri, ataupun aset distribusi listrik seperti tiang PLN, jaringan bahkan fasilitas umum.  

Hal ini patut diwaspadai karena air merupakan konduktor atau penghantar listrik sehingga dapat menimbulkan bahaya tersengat listrik.

General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo dalam keterangannya di Bandarlampung, Jumat, menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya preventif untuk mendukung kehandalan jaringan distribusi seperti siaga personil dan gelar peralatan pendukung juga edukasi keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat umum.

Sugeng menambahkan beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat ketika terjadi hujan deras dan air mulai meninggi diantaranya adalah :

1. Saat hujan deras, pastikan anda berada di tempat yang aman dan jauh dari jaringan listrik seperti tiang listrik.

2. Pastikan kabel listrik di sekitar anda terbungkus dengan baik dan sambungan kabel terisolasi sempurna untuk mencegah arus bocor yang berbahaya.

3. Jika hujan tak kunjung reda dan ketinggian air mulai naik, segera matikan aliran listrik dari kWh meter dengan menekan “meter circuit breaker” (MCB) ke arah bawah dan segera cabut colokan listrik yang terhubung pada stop kontak.

4. Pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi untuk mencegah kerusakan.

5. Jika terjadi banjir dan PLN belum memadamkan aliran listrik di wilayah Anda, segera laporkan melalui PLN Mobile atau PLN 123 untuk meminta agar aliran listrik dipadamkan. 

“PLN UID Lampung selalu sigap dan terus melaksanakan pengecekan serta pemantauan jaringan listrik pada wilayah-wilayah yang mengalami curah hujan tinggi dan rawan banjir.  Hal ini dilakukan sebagai upaya  menjaga kehandalan listrik agar di saat cuaca ekstrem seperti saat ini, kami harap pelanggan juga teredukasi mengenai potensi bahaya Listrik sehingga tetap aman saat hujan deras,” ungkap Sugeng.

Selain tindakan preventif, PLN UID Lampung juga berkomitmen melakukan perbaikan dengan cepat, serta terus memberikan informasi kepada pelanggan apabila ada gangguan atau pun pemadaman terjadi.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung untuk selalu berhati-hati dan dapat turut berpartisipasi menginfokan kepada PLN mengenai potensi bahaya kelistrikan pada lingkungan atau fasilitas umum yang mungkin terjadi kepada PLN melalui aplikasi PLN Mobile dan  contact center PLN 123,” pungkasnya.

Baca juga: Pemprov Lampung minta kabupaten/kota antisipasi gangguan tanam di musim hujan

Baca juga: Puncak musim hujan Indonesia jatuh pada November

Baca juga: BPBD Bandarlampung kerahkan 60 personel untuk atasi dampak banjir