Dukungan muslim AS meningkat ke Harris tapi belum seperti 2021

id jajak pendapat,Demokrat,Republik,Partai Hijau,Harris,Trumph,Jill Stein,Muslim AS,CAIR,Pilpres AS

Dukungan muslim AS meningkat ke Harris tapi belum seperti 2021

Dukungan Muslim AS untuk Partai Demokrat meningkat sejak Kamala Harris menggantikan Joe Biden sebagai calon presiden, meskipun hampir setara dengan dukungan untuk Partai Hijau, menurut dua jajak pendapat yang dirilis oleh Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) pada Kamis (29/8)/ANTARA/Anadolu/PY

Washington (ANTARA) - Dukungan Muslim AS untuk Partai Demokrat meningkat sejak Kamala Harris menggantikan Joe Biden sebagai calon presiden, meskipun hampir setara dengan dukungan untuk Partai Hijau, menurut dua jajak pendapat yang dirilis oleh Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) pada Kamis (29/8).

"(Biden) mundur meningkatkan peluang kesuksesan bagi Partai Demokrat, setidaknya di kalangan komunitas Muslim," kata Direktur Urusan Pemerintah CAIR, Robert McGaw, dalam sebuah konferensi pers.

Dalam jajak pendapat nasional tentang preferensi pemilih Muslim AS yang dilakukan awal pekan ini, Harris mendapatkan 29,4 persen suara, sedikit lebih banyak dibandingkan 29,1 persen responden yang berencana memilih calon presiden Partai Hijau, Jill Stein.

Trump hanya memperoleh 11,2 persen suara, sementara 16,5 persen pemilih masih belum memutuskan.

Dalam jajak pendapat sebelumnya yang dilakukan oleh CAIR dari Mei hingga Juli, Biden hanya menerima 7,3 persen suara dan Trump 4,9 persen. Stein memimpin dengan 36 persen.

Namun, McGaw mencatat bahwa dalam pemilihan tahun 2021, lebih dari 60 persen Muslim AS memilih Biden, yang berarti Partai Demokrat kehilangan sekitar setengah dari dukungannya kali ini.

Jajak pendapat tersebut juga menemukan bahwa peluang Muslim untuk memilih dalam pemilihan tahun ini meningkat sekitar 10 poin persentase setelah Biden mengundurkan diri.

Partai Demokrat masih akan menghadapi tantangan besar karena dukungannya yang kuat terhadap perang Israel yang hampir berlangsung selama satu tahun di Gaza.

"Genosida Israel" adalah isu kebijakan luar negeri yang paling penting bagi responden, dan 98,2 persen dari mereka mengatakan mereka tidak setuju dengan cara Biden menangani situasi tersebut.

Jajak pendapat terbaru dilakukan pada 25-26 Agustus setelah Konvensi Nasional Demokrat, dengan lebih dari 1.155 responden.

Jajak pendapat sebelumnya dilakukan dari 23 Mei hingga 18 Juli, saat Biden masih menjadi calon presiden, dan melibatkan lebih dari 2.850 responden.

Sumber : Sputnik-OANA



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dukungan muslim AS meningkat untuk Harris tapi belum seperti 2021