TPID Lampung Selatan ikuti rakor pengendalian inflasi daerah pekan pertama Juli

id lampung, lampung selatan, lamsel,inflasi

TPID Lampung Selatan ikuti rakor pengendalian inflasi daerah pekan pertama Juli

TPID Lampung Selatan ikuti rakor pengendalian inflasi daerah pekan pertama di bulan Juli. ANTARA/HO-Pemkab Lamsel

Ini berkat kebersamaan dan kerja keras kita semua, sehingga dapat mencapai angka ini.

Bandarlampung (ANTARA) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lampung Selatan kembali mengikuti rapat kordinasi (rakor) mingguan pengendalian inflasi daerah pekan pertama di bulan Juli, bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (2/7).

Dalam rakor yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir mengungkapkan angka inflasi di bulan Juni turun menjadi 2,51 persen dari angka sebelumnya, yaitu 2,84 persen.

Lebih lanjut Tomsi Tohir mengatakan, angka 2,51 persen itu merupakan angka yang sangat baik capaiannya, walaupun pada September 2023 pernah di angka yang jauh lebih rendah, yaitu 2,28 persen.

“Ini berkat kebersamaan dan kerja keras kita semua, sehingga dapat mencapai angka ini,” ujar Tomsi Tohir melalui video zoom meeting.

Di samping itu, Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) M Habibullah menyampaikan terjadi deflasi di Juni 2024 yang lebih dalam dibandingkan Mei 2024, dan merupakan deflasi kedua pada tahun ini.

“Deflasi yang tertinggi terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan deflasi -0,49 persen dan andil -0,14 persen,” kata Habibullah.

Lebih lanjut Habibullah menerangkan beberapa komoditas utama penyumbang andil deflasi Juni 2024 adalah komoditas bawang merah, tomat, daging ayam ras, dan telur ayam ras. “Masing-masing andil deflasi, yaitu 0,09 persen, 0,07 persen, 0,05 persen, dan 0,02 persen,” ujarnya pula.
Baca juga: Presiden Jokowi serahkan penghargaan kepada 15 TPID
Baca juga: BI sebut deflasi di Lampung akibat harga komoditas turun