Pertamina tanam mangrove peringati Hari Lingkungan Hidup

id pertamina sumbagut ,pertamina patra niaga ,hari lingkungan hidup sedunia,Bakau,DLH,Pertamina,Pohon,Sumbagut

Pertamina tanam mangrove peringati Hari Lingkungan Hidup

Petugas Pertamina Patra Niaga Sumbagut saat melakukan penanaman bibit mangrove di Kecamatan Medan Labuhan, Medan, Rabu (5/6/2024). ANTARA/HO-Pertamina Patra Niaga Sumbagut.

Medan (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melalui Fuel Terminal (FT) Medan Group menanam ratusan bibit mangrove di Kecamatan Medan Labuhan, Medan, demi menjaga kelestarian alam dan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Dengan tema Gerakan Bumi Berseri, aksi ini merupakan bersih lingkungan dan penanaman mangrove untuk mencegah terjadinya abrasi di Kelurahan Nelayan Indah, serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat sampah," kata Pjs Manager FT Medan Group Nova Anugerah Wahyuono di Medan, Minggu.

Nova menjelaskan, pihaknya menanam 100 bibit mangrove dan akan menambahnya hingga 1.000 bibit secara bertahap.

Pada kegiatan yang digelar pada Rabu (5/6), dia menyebut pihaknya juga berhasil mengumpulkan sampah seberat 67,5 kilogram dari pembersihan sungai.

Nova menambahkan, pihaknya juga memberikan edukasi tentang ekosistem pesisir dan pengelolaan sampah kepada masyarakat

"Hal itu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat tentang perlunya menjaga lingkungan hidup," katanya.

Dia pun berharap kegiatan lingkungan yang dilaksanakan pihaknya tersebut dapat melindungi lingkungan hidup bagi generasi mendatang.

Selain itu, aktivitas tersebut juga dinilainya menjadi bagian dari upaya global untuk keberlanjutan lingkungan hijau.

"Kegiatan ini mendukung Sustainable Development Goals -SDGs-, khususnya poin 13 tentang Climate Action melalui penanaman mangrove dan poin 14 tentang Life Below Water melalui aksi bersih sungai," katanya.

Lurah Kampung Nelayan Indah Citra Deviani mengapresiasi langkah Pertamina Patra Niaga yang berkontribusi kepada lingkungan melalui aksi bersih dan penanaman mangrove.

Citra menyebut, penanaman mangrove merupakan upaya mitigasi dari dampak kerusakan lingkungan.

"Kami sangat mengapresiasi Pertamina Patra Niaga dan mendukung kegiatan bersih lingkungan serta penanaman mangrove. Semoga kegiatan ini terus berjalan dan kita bisa sama-sama menjaga lingkungan agar tetap lestari," katanya.

Adapun Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini dirayakan pada 5 Juni 2024.