Presiden segera umumkan Menko Polhukam definitif

id presiden joko widodo,jokowi,menko polhukam definitif,pengunduran diri mahfud md

Presiden segera umumkan Menko Polhukam definitif

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan keterangan pers di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, pada Jumat (2/2/2024). ANTARA/Andi Firdaus.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) definitif, menyusul pengunduran diri Mohammad Mahfud Md dari jabatan tersebut.

“Tentu Presiden (Jokowi) akan segera menyampaikan siapa yang akan menjadi menko polhukam definitif,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Jumat.

Sambil menunggu keputusan Presiden soal siapa pengganti Mahfud, tugas dan fungsi menko polhukam untuk sementara waktu dijalankan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang telah ditunjuk Presiden sebagai Plt Menko Polhukam.

“Ini kan pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab sampai (ditunjuk) menko polhukam definitif,” ujar Ari.

Dia menjelaskan bahwa Tito akan langsung menjalankan tugas di Kemenko Polhukam mulai Jumat, sesuai Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani Jokowi.

“Langsung menjalankan tugas, agar roda penyelenggaraan pemerintahan termasuk apa yang menjadi tugas pokok dari Kemenko Polhukam bisa berjalan,” tutur dia.