Bawaslu Lampung: Distribusi logistik Pemilu 2024 lancar

id Lampung,Bandarlampung,Bawaslu Lampung,Pollitik,Logistik pemilu

Bawaslu Lampung: Distribusi logistik Pemilu 2024 lancar

Arsip Foto- Sejumlah petugas KPU Kota Metro menurunkan logistik Pemilu 2024 tahap I dari KPU Provinsi Lampung. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Untuk surat suara hingga kini baru tiga kabupaten dan kota yang sudah tersalurkan yakni Mesuji, Lampung Tengah dan Lampung Selatan, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Bawaslu Lampung mengatakan  pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke kabupaten dan kota di provinsi ini berjalan aman dan lancar.

"Hingga kini belum ada kendala dalam pendistribusian logistik," kata anggota Bawaslu Lampung, Imam Bukhori, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan penyaluran logistik tahap satu telah selesai  ke kabupaten dan kota, dan saat ini sedang dalam pendistribusian surat suara pemilu.

"Untuk surat suara hingga kini baru tiga kabupaten dan kota yang sudah tersalurkan yakni Mesuji, Lampung Tengah dan Lampung Selatan," kata dia.

"Dalam proses distribusi surat suara ini, Bawaslu melakukan pengawasan secara melekat, mulai dari perusahaan yang melakukan pencetakan, kebutuhannya hingga hasilnya sampai nanti ke gudang logistik di kabupaten dan kota," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, Bawaslu fokus agar surat suara tidak tertukar saat pengiriman baik antara kabupaten dan kota maupun DPR RI, DPRD provinsi dan lainnya.

"Terkait antisipasi agar tidak tertukar surat suara tersebut, memang semuanya sudah dipisahkan, bahkan saat pencetakan telah diurutkan, jadi apabila kabupaten  belum selesai pencetakannya maka tidak bisa cetak untuk daerah lainnya," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, surat suara yang telah dicetak juga diberikan tanda pita yang berbeda-beda berdasarkan jenisnya.

"Misal pita kuning untuk DPR RI, dan seterusnya untuk surat suara DPRD provinsi serta lainnya, bahkan itu nanti ada barcodenya," kata dia.

Imam juga mengungkapkan sejauh ini dalam pendistribusian logistik pemilu Bawaslu terus berkoordinasi dengan KPU Lampung dalam mengawasi perusahaan yang ditunjuk sebagai pemenang tender.

"Jadi dari distribusi tahap satu hingga sekarang memang tidak ada kendala. Tetapi ada catatan bahwa terdapat kotak suara yang rusak karena terkena air, namun sudah bisa diantisipasi oleh perusahaan karena ada cadangannya," kata dia.