Dompet Dhuafa Lampung dan FEBI UIN Raden Intan Lampung jalin kerja sama beasiswa mahasiswa berbasis program kantin kontainer

id Dompet Dhuafa Lampung, beasiswa mahasiswa Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa, UIN Lampung

Dompet Dhuafa Lampung dan FEBI UIN Raden Intan Lampung jalin kerja sama beasiswa mahasiswa berbasis program kantin kontainer

Dompet Dhuafa Lampung dan FEBI UIN Raden Intan Lampung jalin kerja sama beasiswa mahasiswa berbasis program kantin kontainer. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Bandarlampung (ANTARA) - Dompet Dhuafa Lampung bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menandatangani kesepakatan kerja sama beasiswa mahasiswa berbasis program laboratorium kewirausahaan kantin kontainer.

Kesepakatan ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama yang ditanda tangani pada Kamis (19/10), di Kampus FEBI UIN RIL, Sukarame, Kota Bandarlampung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dekan FEBI UIN RIL Tulus Suryanto, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar, Wakil Dekan dan Kaprodi di lingkungan FEBI UIN RIL.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar menjelaskan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk penguatan sumber daya manusia dan pengabdian masyarakat oleh kedua belah pihak.

Dalam salah satu poin kerja sama, Dompet Dhuafa Lampung dan FEBI UIN RIL akan menggulirkan program beasiswa wirausaha untuk mahasiswa dengan cara pengelolaan kantin yang terbuat dari kontainer.

Yogi menuturkan, mahasiswa akan mendapatkan beasiswa dari hasil pengelolaan kantin tersebut. Tak hanya beasiswa, mahasiswa juga akan belajar terkait pengelolaan usaha sehingga jiwa dan kemampuan di bidang entrepreneurshipnya meningkat.

“Harapannya, mahasiswa ini mampu menyelesaikan kuliah dengan beasiswa yang ia terima, juga ke depan bisa menjadi sosok yang tidak sekadar mencari kerja namun bisa menciptakan lapangan kerja berbekal dari pengelolaan usaha kantin yang pernah ia lakukan,” kata Yogi.

Lebih lanjut Yogi menjelaskan, kolaborasi kebaikan ini akan menjadi inovasi pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) yang unik dan kreatif bagi kalangan mahasiswa dhuafa dan bidang kewirausahaan.

“Adanya Kantin Kontainer bisa menjadi inovasi yang sangat solutif dalam membantu mahasiswa dhuafa. Tak hanya itu, kantin kontainer juga sebagai lab kewirausahaan yang bisa menjadi sarana belajar bagi mahasiswa FEBI UIN RIL. Terima kasih kepada seluruh keluarga besar FEBI UIN RIL atas sambutannya, semoga kolaborasi kebaikan terus tumbuh dan meluas di lingkungan FEBI UIN RIL,” ujar Yogi pula.

Dekan FEBI UIN RIL Tulus Suryanto menyambut baik program kolaborasi ini. Utamanya dalam melatih jiwa wirausaha bagi mahasiswa melalui kantin kontainer. 

Melalui beasiswa kantin kontainer, mahasiswa dhuafa juga diharapkan akan terbantu.

"Program yang sangat luar biasa dan dapat membantu mahasiswa-mahasiswa yang dhuafa dalam rangka menyelesaikan perkuliahannya, dan kami berharap program-program ini benar-benar dapat membantu mahasiswa. Di samping melatih dan menguatkan motivasi dalam bidang kewirausahaan dan menciptakan jiwa kemandirian pada diri mahasiswa," kata Tulus.

Tulus juga mengapresiasi adanya program kolaborasi kebaikan antara Dompet Dhuafa Lampung dan FEBI UIN RIL, dan berharap kolaborasi-kolaborasi selanjutnya.

"Saya selaku dekan sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih dengan Dompet Dhuafa Lampung yang telah memfasilitasi dan menunjuk kami sebagai mitra. Kami berharap ke depan kolaborasi ini terus berlangsung dan dapat lebih banyak lagi mahasiswa dan sekitar yang dapat memanfaatkan program Dompet Dhuafa Lampung," kata Tulus pula.
 
(Berita Kerja sama/adv)