Jurusan sains Itera gelar workshop penyusunan asesmen perkuliahan

id lampung, itera, kampus, perguruan tinggi, institut

Jurusan sains Itera gelar workshop penyusunan asesmen perkuliahan

Jurusan sains Itera gelar workshop penyusunan asesmen perkuliahan (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (Itera), melaksanakan Workshop Penyusunan Asesmen Perkuliahan dan Rapat Persiapan Awal Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, pekan lalu. Kegiatan tersebut diikuti para dosen program studi di Jurusan Sains dan menghadirkan narasumber Dr. Neni Hasnunidah dari Universitas Lampung.

Sekretaris Jurusan Sains Itera, Dr. Sri Efrinita Irwan, menyampaikan, pokok kegiatan tersebut mengevaluasi tugas dosen dalam mengimplementasikan tridarma pendidikan serta mempersiapkan awal Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

Dr. Sri Efrinita, menekankan, persiapan maksimal harus dilakukan terkait penyusunan penilaian dan evaluasi demi terpenuhi asesmen perkuliahan Semester Ganjil tahun akademik 2023/2024.

Dosen memiliki komponen tujuan yaitu mengajar yang dijabarkan menjadi kognitif, afektif, psikomotorik. Tiga komponen tujuan dosen tersebut wajib dilaksanakan dengan baik untuk menunjang pengajaran secara profesional

Narasumber Dr. Neni Hasnunidah, dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi meliputi lima aspek tugas dosen mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, menilai, mengevaluasi. Output proses belajar dan mengajar sebagai dosen dan aspek tugas dosen juga tertulis pada undang-undang. Dosen adalah pendidik profesional yang mempunyai sertifikat pendidik.

“Dosen memiliki komponen tujuan yaitu mengajar yang dijabarkan menjadi kognitif, afektif, psikomotorik. Tiga komponen tujuan dosen tersebut wajib dilaksanakan dengan baik untuk menunjang pengajaran secara profesional,” ujar Dr. Neni.

Program Studi juga berperan dalam penyusunan asesmen perkuliahan, merumuskan capaian pembelajaran dan merumuskan capaian pembelajaran pada mata kuliah.

Dalam kegiatan tersebut turut diadakan rapat Persiapan Awal Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 yang dipimpin Sekretaris Jurusan Sains Itera, Dr. Sri Efrinita Irwan, dalam kesempatan tersebut dijelaskan timeline dari perkuliahan, kondisi ruang kelas perkuliahan Jurusan Sains dengan tujuan proses pengajaran siap, secara waktu maupun sarana dan prasarana. 

BERITA KERJA SAMA