Dompet Dhuafa bersama UGM inisiasi LINE Forum

id Dompet Dhuafa, Line Forum, UGM

Dompet Dhuafa bersama UGM inisiasi LINE Forum

Dompet Dhuafa bersama UGM inisiasi LINE Forum. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Yokyakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa didukung oleh Departemen Pengembangan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK), Fakultas Ilmu Sosial Politik, Universitas Gadjah Mada menginisiasi Local Leader in Empowerment (LINE) Forum, sebuah inisiatif untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas para penggerak program pemberdayaan ekonomi dan wirausaha sosial di seluruh Indonesia, serta membuka ruang kesempatan bagi mereka  untuk berkolaborasi dengan jejaring yang lebih luas. 

“Kolaborasi antara praktisi pemberdayaan dan akademisi dapat memperkuat aksi-aksi pemberdayaan di lapangan sehingga dapat memperkuat dampak positif bagi masyarakat.” Kata Krisdiyatmoko, Ketua Departemen PSdK, Fisipol UGM di sela-sela sambutan acara tersebut yang berlangsung di Yokyakarta,  pada 26-28 Juli 2023.

"Kami memberikan 3 (tiga) kata kunci dari program LINE Forum. Pertama adalah Filantropi, semangat berbagi untuk sesama. Kedua, bicara tentang entrepreneur. Penumbuhan usaha masyarakat. Lalu, yang ketiga, adalah Kolaborasi. Fisipol UGM menyambut baik ajakan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan manfaat yang kuat bagi masyarakat," kata Dr Wawan Mas'udi, Dekan Fisipol UGM.

Peserta LINE Forum adalah 30 penggerak pemberdayaan masyarakat atau local leaders dari seluruh Indonesia. Mereka berperan sebagai  inisiator lokal yang hidup di tengah masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kepedulian terkait permasalahan kemiskinan yang dihadapi masyarakat. Local Leaders memiliki gagasan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan berbagai potensi maupun sumber daya yang dimiliki masyarakat.

Dalam implementasinya, local leader merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan program pengentasan kemiskinan. Mereka memegang peran kunci dalam menggeser konsep tertulis program menjadi aksi-aksi pendampingan yang diharapkan secara efektif menciptakan perubahan positif di masyarakat. 

LINE Forum digagas untuk menguatkan upaya pengentasan kemiskinan yang diinisiasi para local leaders sehingga secara efektif memberikan dampak yang kuat dan berkelanjutan.

 "LINE FORUM adalah salah satu strategi Dompet Dhuafa dalam mengembangkan program pemberdayaan, berkolaborasi dengan Local Leader, berorientasi pada dampak yang kuat dan berkelanjutan," pungkas Bambang Suherman, Direktur Program Dompet Dhuafa.

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 30 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.