Perlu tingkatkan keterampilan entrepreneur muda

id Entrepreneur muda Lampung, wagub Lampung, ekonomi Lampung, digital preneur, ekosistem kewirausahaan

Perlu tingkatkan keterampilan entrepreneur muda

Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim saat memberi keterangan mengenai perkembangan ekosistem kewirausahaan di daerahnya, di Bandarlampung, Senin (17/7/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengatakan perlu dilakukan peningkatan keterampilan entrepreneur muda untuk membentuk ekosistem kewirausahaan di daerahnya.

"Peningkatan ekosistem kewirausahaan khususnya bagi segmentasi anak muda sangatlah penting dilaksanakan, sebab jiwa entrepreneur mereka sangatlah tinggi dan perlu diwadahi oleh semua pihak, salah satunya pemerintah daerah," ujar Chusnunia Chalim, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya hal tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan keterampilan entrepreneur muda secara spesifik di daerahnya.

"Besok akan ada pembicaraan mengenai ini (wirausahawan muda, Red). Jadi harus ada program khusus dari dinas untuk meningkatkan keterampilan mereka, sehingga ekosistem kewirausahaan terbentuk dengan baik serta dapat meningkatkan perekonomian daerah," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan dalam upaya meningkatkan keterampilan kewirausahaan pada pemuda, pihaknya akan berfokus pada pelatihan yang sesuai ketertarikan minat.

"Jadi untuk kaum muda ini minatnya banyak ke digitalpreneur, atau memiliki minat dan keterampilan dasar di bidang ekonomi digital. Sehingga pelatihan akan diarahkan ke minat mereka seperti pemasaran digital, pengembangan konten kreator," kata dia pula.

Menurut dia, adanya peningkatan keterampilan serta keinginan berwirausaha oleh generasi muda akan menyokong pelaku UMKM lokal daerah pula.

"Pelaku UMKM lokal ini banyak yang mengelola adalah masyarakat yang sudah lebih berumur biasanya hanya fokus untuk memproduksi barang saja, jadi adanya entrepreneur muda ini bisa menjangkau segmen yang tidak tersentuh seperti pemasaran digital. Dan ini yang terus kita dorong untuk ditingkatkan melalui pelatihan," katanya lagi.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil da Menengah (Kemenkop UKM) kini tengah menggencarkan pelaksanaan program digital entrepreneur (digipreneur) untuk menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia serta menciptakan ekosistem kewirausahaan melalui berbagai program inovatif yang tumbuh dari entrepreneur muda bekerjasama dengan para pelaku UMKM.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wagub Lampung sebut perlu tingkatkan keterampilan entrepreneur muda