Jasa sewa sepeda listrik di Istana Maimun laris manis saat Idul Adha 1444 H

id istana maimun ,wisata medan,idul adha 1444 hijriah ,libur panjang

Jasa sewa sepeda listrik di Istana Maimun laris manis saat Idul Adha 1444 H

Jasa penyewaan sepeda listrik di pelataran Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023). ANTARA/Michael Siahaan.

Medan (ANTARA) - Jasa penyewaan sepeda listrik di pelataran Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, laris manis saat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis.

"Saya tadi buka pukul 08.30 WIB, sekarang sekitar pukul 14.00 WIB sudah ada 12 penyewa. Kalau hari biasa, paling ada 10-15 penyewa dari buka sampai tutup," ujar Dwi, pemilik lapak penyewaan sepeda listrik di pelataran Istana Maimun, kepada ANTARA.

Dengan harga sewa Rp25 ribu per 20 menit, berdasarkan pengalamannya, Dwi mengaku dapat meraup omzet sekitar Rp1,5 juta per hari.

Pada momen hari biasa, omzet itu hanya berkisar Rp250 ribu-Rp350 ribu per hari.

"Kalau hari libur itu, biasanya jumlah penyewa sampai 50 orang," tutur Dwi.

Sementara Reza, pemilik jasa penyewaan sepeda listrik lainnya di Istana Maimun, mengaku dapat mengantongi hingga Rp4 juta per hari saat libur seperti Idul Adha.

Hal itu lantaran dirinya juga menyewakan sepeda listrik roda tiga, selain roda dua, yang harganya lebih mahal. Saat libur, harga sewa sepeda roda tiga itu Rp40 ribu setiap 15 menit.

"Saat hari biasa, omzet saya Rp1,5 juta-an. Kalau libur mencapai Rp4 juta-an sehari," kata Reza.

Sampai Kamis siang, pengunjung terlihat silih berganti masuk dan keluar dari Istana Maimun, yang berdiri atas perintah Sultan Mahmud Al Rasyid Perkasa Alamsyah, pemimpin kesembilan di Kesultanan Deli yang berkuasa pada tahun 1873-1924.

Kebanyakan dari mereka merupakan warga Sumatera Utara yang berdomisili di luar Kota Medan.

Bukan cuma masuk ke dalam bangunan, pengunjung juga melakukan berbagai kegiatan di sekitar Istana Maimun seperti sekadar duduk dan bercengkerama di halamannya, berfoto, makan dan minum di warung-warung yang ada, membeli pernak pernik serta menyewa sepeda listrik.

Sementara, hingga Kamis (29/6) siang, meski pengunjung berdatangan ke Istana Maimun, lalu lintas Jalan Brigjen Katamso yang berada tepat di depannya tampak lancar. Tidak terjadi kepadatan kendaraan yang menghambat perjalanan.