Damri Lampung siapkan 125 armada hadapi mudik Lebaran

id Lampung,Damri,Mudi Lebaran

Damri Lampung siapkan 125 armada hadapi mudik Lebaran

GM Damri Cabang Lampung, Fredrick Sakona, saat dimintai keterangan, di Bandarlampung, Rabu. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri cabang Lampung menyiapkan 125 armada angkutan guna menghadapi arus mudik Lebaran 1444 hijriah.

"Dari 125 armada yang kami siapkan, 85 unit merupakan bus angkutan Antar antarkota antarprovinsi (AKAP)," kata GM Damri Cabang Lampung, Fredrick Sakona, saat dimintai keterangan, di Bandarlampung, Rabu.

Selain itu, lanjut dia, 20 armada adalah bus angkutan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) serta 20 armada lainnya disiapkan untuk segmen perintis atau angkutan jalan untuk wilayah terisolasi dan tidak memiliki ketersediaan angkutan umum.

"Persiapan kami, sudah melakukan perawatan dan perbaikan Armada satu bulan sebelum arus mudik," kata dia.

Sakona pun memperdiksi bahwa momen arus mudik tahun ini, akan terjadi kenaikan penumpang sekitar 5 persen hingga 10 persen dari tahun lalu.

"Mudik tahun lalu, tertinggi ada diangka 1.600 orang, itu di peake season. Di peake season tahun ini kenaikan bisa diangka 5 persen sampai 10 persen," kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa pada musim mudik tahun ini terdapat kenaikan tiket Dmribdengan rata-rata 30 persen.

"Kenaikan itu bertahap dari 10 persen, 20 persen dan seterusnya, tapi kalau di rata-rata kenaikan sekitar 30 persen," kata dia.