Fernando Alonso kehilangan podium GP Arab Saudi

id f1,formula1,fernando alonso,grand prix arab saudi

Fernando Alonso kehilangan podium GP Arab Saudi

Pebalap tim Aston Martin Fernando Alonso (kanan) bereaksi di podium setelah finis ketiga Grand Prix Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche, Jeddah. (19/3/2019) (AFP/GIUSEPPE CACACE)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Aston Martin Fernando Alonso harus kehilangan podium Grand Prix Arab Saudi pada Minggu menyusul penalti tambahan 10 detik karena kedapatan menjalani penalti sebelumnya dengan tidak benar.

Alonso mencuri posisi pimpinan lomba menuju tikungan pertama Sirkuit Jeddah Corniche setelah start dari P2 -- naik posisi karena penalti Charles Leclerc -- namun diganjar penalti pertama karena posisi mobil yang kurang pas pada grid sebelum start.

Sang pebalap Spanyol menjalani penalti tambahan lima detik tersebut saat pitstop pada periode Safety Car menyusul kerusakan teknis rekan satu timnya Lance Stroll yang terpaksa menghentikan mobilnya di pinggir lintasan.

Menahan gempuran duet Mercedes George Russell dan Lewis Hamilton, Alonso menyelesaikan balapan sepanjang 50 putaran itu di tempat ketiga di belakang juara balapan Sergio Perez dan Max Verstappen yang kembali menegaskan dominasi Red Bull.