Itera Lampung buka Program Studi S1 Pariwisata

id Itera,Pendidikan,Pariwisata,Itera lampung

Itera Lampung buka Program Studi S1 Pariwisata

Institut Teknologi Sumatera (Itera). (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera)  membuka Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Pariwisata pertama di Provinsi Lampung.

"Kami berharap Prodi S1 Pariwisata ini dapat memberikan kontribusi positif di dunia kepariwisataan nasional. Terlebih, keberadaan pariwisata di Indonesia, dengan potensi yang sangat besar, masih belum maksimal," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa.

Izin pendirian Prodi S1 Pariwisata Itera tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 94/E/O/2023 tentang izin Pendirian Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Institut Teknologi Sumatera, yang ditandatangani Mendikbudristek, 13 Januari 2023.

Ia mengatakan, Prodi S1 Pariwisata ITERA memiliki konsentrasi di bidang perencanaan destinasi pariwisata, kajian dan manajemen pariwisata, serta kajian fisik dan lingkungan pariwisata.

“Indonesia belum masuk 10 besar target tujuan wisata mancanegara. Sehingga ini perlu mendapatkan perhatian, dan hadirnya Prodi S1 Pariwisata Itera menjadi upaya peningkatan dari segi keberadaan kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, Rektor juga menilai, kurangnya konektivitas, belum memadainya infrastruktur pariwisata, juga kesiapan masyarakat di sekitar destinasi wisata menjadikan prodi S1 Pariwisata sangat dibutuhkan, baik di Provinsi Lampung, Sumatera, dan Indonesia.

Rektor juga menekankan, industri kepariwisataan dalam negeri, saat ini masih belum berorientasi pada isu global, tentang kualitas lingkungan.

"Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas kepariwisataan Indonesia. Sementara kita ketahui, potensi pariwisata Indonesia sangat luar biasa, mulai dari keindahan alam, keunikan fenomena alam, banyak fenomena alam seperti gunung berapi, geopark, juga keberadaan seperti objek ombak yang menjadi tujuan olahraga surfing dunia, objek sungai untuk arung jeram, serta kultur budaya masyarakat yang sangat kaya," kata dia.

Dengan hadirnya Prodi S1 Pariwisata Itera, lanjut Rektor, diharapkan dapat menghasilkan SDM unggul, mampu melakukan analisis dan konsepsi kebijakan, dan membuat perencanaan kepariwisataan, pengadaan infrastruktur penunjang, serta mengelola industri pariwisata itu sendiri, memasarkan pariwisata di kancah nasional juga global.

"Kehadiran Prodi S1 Pariwisata Itera, juga diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi industri kepariwisataan, paket bisnis kepariwisataan yang dapat menumbuhkan industri kepariwisataan itu sendiri, dapat menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian bangsa," kata dia.