Gubernur Lampung: Gunakan anggaran sesuai program

id Pemprov Lampung, anggaran Lampung, penggunaan anggaran,Gubernur Lampung minta daerah gunakan anggaran,daerah gunakan ang

Gubernur Lampung: Gunakan anggaran sesuai program

Dokumentasi- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jangan sampai kebutuhan yang sangat mendesak tapi perencanaannya tidak sesuai dengan kebutuhan, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kabupaten dan kota yang ada di daerahnya untuk menggunakan anggaran sesuai dengan program yang ada.

"Pemerintah ini punya program dan kita harus melaksanakan itu dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar," ujar Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Selasa.

Oleh karena itu kabupaten dan kota diminta untuk mengelola dan menggunakan anggaran sesuai dengan program yang ada.

"Tata kelola perencanaan keuangan dan pelaksanaannya harus sesuai, tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan rakyat bukan sesuai keinginan kepala daerah," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota harus menguasai serta memahami tata kelola anggaran yang baik untuk mempercepat realisasi anggaran.

"Jangan sampai kebutuhan yang sangat mendesak tapi perencanaannya tidak sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan, pelaksanaan terkait anggaran harus sesuai dengan sasaran, dan sesuai kebutuhan rakyat,” ucapnya.

Menurut dia Pemerintah Provinsi Lampung saat ini memperoleh peringkat ketiga dalam realisasi belanja APBD provinsi se-Indonesia tahun anggaran 2022.

"Prestasi ini harus terus dijaga dengan baik," tambahnya.

Diketahui realisasi belanja APBD Provinsi Lampung tahun anggaran 2022 mencapai Rp6,752 triliun atau sebesar 95,01 persen. Jauh berada di atas rata-rata provinsi lainnya yang sekitar 87,07 persen.