Itera komitmen hasilkan SDM kompeten di era VUCA

id Lampung,Bandarlampung,Itera

Itera komitmen hasilkan SDM kompeten di era VUCA

Mahasiswa Itera sedang mengikuti prosesi wisuda. Lampung Selatan, Sabtu, (1/10/2022). (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) berkomitmen menghasilkan lulusan yang unggul, dan mampu bersaing di era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) di mana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif. 

"Melalui platform MBKM dan isu perubahan iklim global serta konsep pembangunan berkelanjutan, kami berkomitmen serius dalam tri dharma dan tata kelola kampus. Dalam dharma pendidikan kami bertekad menghasilkan lulusan unggul yang mampu berkompetisi di era VUCA,” kata Rektor IteraProf. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, 
dalam sidang terbuka Institut Teknologi Sumatera Wisuda ke-12 Tahun 2022, di Lampung Selatan, Sabtu. 

Untuk itu, lanjut dia, selain membekali pemahaman keilmuan secara akademik, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa Itera dilatih untuk dapat belajar lebih banyak sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini seperti mengasah skill, magang industri, hingga berkolaborasi dengan berbagai mitra.

"Sehingga dalam wisuda periode ke-12 dari sebanyak 612 wisudawan, sedikitnya tercatat 14 wisudawan yang mengkonfirmasi telah diterima bekerja di berbagai perusahaan baik negeri ataupun swasta sebelum diwisuda," kata dia.

Rektor pun menyampaikan rasa syukur atas pencapaian dari para wisudawan Itera yang tetap memiliki semangat meski lulus di tengah pandemi COVID-19. 

Ia juga berharap dengan bekal selama kuliah, para lulusan mampu membawa kontribusi besar ke dunia kerja, dan menjadi agen perubahan dengan ide – ide kreatif dan inovatif sesuai bidang yang ditempuh. 

"Kelak saudara-saudaralah yang akan menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan ke arah lebih baik dan memiliki daya saing global dalam memajukan bangsa Indonesia khususnya Pulau Sumatera," ujar Rektor.