Bupati Lampung Tengah canangkan program membaca 30 menit setiap hari

id Lampung, lampung tengah, lamteng, membaca, baca, baca 30 menit

Bupati Lampung Tengah canangkan program membaca 30 menit setiap hari

Bupati lampung tengah canangkan program membaca 30 menit setiap hari (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad membuka secara resmi acara pencanangan gerakan gemar membaca 30 menit setiap hari dalam keluarga dan peningkatan indeks literasi masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah, bertempat di Gedung Sesat Agung, Nuwo Balak, Senin.

"Mari kita jadikan masyarakat Lampung Tengah menjadi masyarakat yang gemar membaca baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, demi mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah menjadi Kabupaten Terbaik se- Provinsi Lampung," kata Musa Ahmad,

Menurutnya, saat ini minat baca di Lampung Tengah terbilang cenderung sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Untuk itu, harus ada minat baca masyarakat.

Dengan program membaca 30 menit setiap harinya, ini akan menaikkan indek pertumbuhan anak-anak dan mengurangi buta aksara.

"Mendukung penuh kegiatan Pencanangan Gerakan Gemar Membaca 30 menit setiap hari dalam keluarga dan peningkatan indeks literasi masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah ini," katanya

Bupati Musa juga berharap dengan adanya kegiatan ini ke depan setiap keluarga di Lampung Tengah mempunyai Perpustakaan Keluarga sendiri, guna mencerdaskan penghuni rumah dan menumbuh kembangkan minat baca yang tinggi sehingga terjadi peningkatan indeks literasi di Kabupaten yang kita cintai ini.

Sementara itu, Bunda Literasi Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad dalam sambutannya mengatakan di Kabupaten Lampung Tengah sudah terbentuk 28.000 perpustakaan keluarga yang ditargetkan menjadi 70.249 atau 15 persen dari jumlah kepala keluarga 463.333 di Kabupaten Lampung Tengah.

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Deni Kurniadi, hal ini tentunya akan menjadi semangat bagi kami untuk menjalankan program literasi di Lampung Tengah dan Semoga Lampung Tengah menjadi salah satu kategori Kabupaten Gemar Membaca yang di akui oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Deni Kurniadi, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pada hari ini dan juga peningkatan indeks literasi yang sangat signifikan di Lampung Tengah.

Deni Kurniadi juga berhara Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dapat mewujudkan dan lebih meningkatkan perpustakaan keluarga di Lampung Tengah.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatangan MoU ntara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Tengah dengan perangkat daerah dan lembaga terkait.

Serta, dilaksanakan juga lomba storytelling bagi anak SMP, lomba melukis tingkat SMP, lomba menggambar tingkat SD, lomba mewarnai bagi anak Paud atau TK, lomba stand Perpustakaan Keluarga Kecamatan dan Lomba Foto Perpustakaan Keluarga.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Deni Kurniadi, Ketua DPRD Lampung Tengah Sumarsono beserta jajaran Forkompimda Lampung Tengah, Perwakilan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung, Wakil Direktur Politeknik Negeri Lampung Beni Hidayat, M.Si.

Pegiat Literasi Yoga Pratama, Bunda Literasi Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad, Ketua 1 TP PKK Lampung Tengah Indria Ardito Wijaya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampung Tengah Yulita Nirlan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lampung Tengah Guntur Sosiawan, S.E. beserta Para Kepala Perangkat Daerah terkait, Direktur Great Giant Pineapple Company, Pimpinan Bank Lampung dan Pimpinan Bank Rajasa.