Delegasi W20 berburu produk UMKM khas Batak

id G20 Indonesia,W20 Summit,Danau Toba,Berita Sumut

Delegasi W20 berburu produk UMKM khas Batak

Delegasi perhelatan internasional, Summit Women 20 (W20) dari sejumlah negara disela kegiatannya berkesempatan berburu produk-produk Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang di pamerkan di Hotel Niagara, tepian Danau Toba, Sumatera Utara. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Delegasi perhelatan internasional, W20 Summit 2022, dari sejumlah negara di sela kegiatan mereka berkesempatan, berburu produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal yang dipamerkan di hotel di tepi Danau Toba, Sumatera Utara.

Pantauan di lokasi, Kamis, para delegasi W20 terlihat begitu antusias saat mencoba berbagai produk fesyen kain ulos dan turunnya serta berbagai kuliner khas masyarakat setempat yang dipamerkan di ajang tersebut.
 
Sri Dewi, salah satu pelaku UMKM mengaku bangga karena produk-produk olahan tangannya, seperti tas bermotif ulos dan topi ulos ragi hotang banyak dibeli oleh para delegasi W20.
 
"Kemarin kami stok 50 buah untuk topi bermotif ulos, sekarang sisa dua buah," ujarnya.
 
Topi bermotif ulos karya Sri Dewi, salah satu pelaku UMKM yang dipamerkan dalam pertemuan Woman 20 (W20) Summit di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
Ia berharap melalui kegiatan W20 Summit ini bisa mempromosikan produk-produk UMKM lokal khas Danau Toba lebih mendunia sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

"Harapannya produk-produk khas kita bisa lebih dikenal oleh dunia," ujarnya.

Peserta pertemuan sebanyak 56 orang dari India, Australia, Indonesia, Uni Eropa, Rusia, Italia, Singapura, Jepang, Prancis, Korea Selatan, Turki, Afrika Selatan, Argentina, Jerman, AS, dan Swedia.