16 negara ikuti W20 Indonesia 2022 di Danau Toba

id berita sumut,pengamanan kedatangan delegasi,berita medan terkini,pengamanan kedatangan delegasi w20 di simalungun

16 negara ikuti W20 Indonesia 2022 di Danau Toba

Personel Polres Simalungun pengamanan kedatangan Delegasi Negara Anggota W20 di Hotel Niagara Parapat. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Sebanyak 16 negara delegasi menghadiri W20 Indonesia 2022 Recover Together, Equally yang berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara, 18-20 Juli 2022.

Ketua W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi di Simalungun, Senin, mengatakan, pertemuan itu akan memutuskan hal apa yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 pada Desember.

Dia menyebutkan, isu prioritas W20 antara lain diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal dan kesehatan.

W20 Summit di Danau Toba antara lain akan membahas tentang isu-isu perempuan desa dan penyandang disabilitas yang tetap semangat dalam bekerja dan ikut serta dalam mendorong perekonomian di daerahnya.

"Pertemuan ini akan memutuskan/menetapkan apa yang menjadi harapan W20 di Danau Toba," katanya.

Wakil Ketua W20 Dian Siswarini, mengatakan, Danau Toba memiliki potensi besar dalam mendorong perkembangan ekonomi kreatif termasuk untuk dunia.

Memiliki alam yang bagus dan budaya yang beragam, katanya, menjadi modal besar bagi masyarakat di Danau Toba untuk bisa berkembang dan ikut serta dalam memajukan perekonomian.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyebutkan, 775 personel disiapkan untuk mengamankan acara W20 di Sumut.

Petugas keamanan dari TNI, Polri dan unsur lain itu ditempatkan di berbagai lokasi khususnya di tempat acara W20 dilangsungkan.

Operasi ini mengedepankan tindakan preventif, deteksi, dan penegakan hukum.

"Pemprov Sumut memastikan keamanan dan kenyamanan di kawasan Danau Toba yang menjadi salah satu tempat pertemuan W20 di Sumut pada 18-20 Juli 2022," ujar Gubernur Sumut.

Pengamanan diperketat

Aparat kepolisian mulai melakukan kegiatan pengamanan untuk mendukung W20 Danau Toba.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung memimpin langsung kegiatan pengamanan kedatangan delegasi negara anggota W20 di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin.

Kapolres Simalungun memerintahkan setiap personelnya dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya.

Pada Senin ini ada enam orang delegasi dari luar negeri tiba di Parapat tempat diselenggarakannya W20 yang berasal dari Inggris, Rusia dan Italia.

"Harapannya dengan dilakukannya pengamanan ini kegiatan W20 dapat berjalan lancar dan tanpa adanya kendala serta dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada delegasi W20 selama kegiatan di Indonesia khususnya di wilayah Danau Toba," kata Kapolres Simalungun.

Sebanyak 681 personel Polda Sumatera Utara dan Polres jajaran dilibatkan dalam rangka pengamanan Operasi Toba W20 2022 di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Ke-681 jumlah personel Polda Sumut dan Polres jajaran itu terdiri atas 486 personel Satker Polda Sumut,18 personel Polresta Deli Serdang, 72 personel Polres Simalungun, 44 personel Polres Toba, 40 personel Polres Samosir, dan 21 personel Polres Tapanuli Utara.