Kasad dan Atase Darat AS bahas kerja sama latihan

id TNI AD,Angkatan Darat AS,Latihan Angkatan Darat

Kasad dan Atase Darat AS bahas kerja sama latihan

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Atase Darat Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Kolonel Theodore Leo Liebreich saat membahas kerja sama latihan TNI AD dan Angkatan Darat AS di Mabes Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (12/5/2022). ANTARA/HO-Dispenad

Dari TNI AD, akan melibatkan Yonif Para Raider 502/UY Kostrad untuk program latihan Garuda Airbone dan Batalyon Infanteri Raider 515 Kostrad untuk program latihan Garuda Shield, ujar Dudung
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Atase Darat Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Kolonel Theodore Leo Liebreich membahas kerja sama latihan antara TNI Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Darat AS.

Pembahasan tersebut, berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, dilakukan melalui kunjungan Kolonel Theodore Leo Liebreich di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut dalam pembahasan tersebut, Dudung menyampaikan rencana latihan yang melibatkan personel prajurit dari kedua negara di dua tempat, yaitu Amborawang, Kalimantan Timur dan Baturaja, Sumatera Selatan.

Dari TNI AD, kata dia, Yonif Para Raider 502/UY Kostrad akan dilibatkan dalam program latihan Garuda Airbone dan Batalyon Infanteri Raider 515 Kostrad dalam program Garuda Shield.

"Dari TNI AD, akan melibatkan Yonif Para Raider 502/UY Kostrad untuk program latihan Garuda Airbone dan Batalyon Infanteri Raider 515 Kostrad untuk program latihan Garuda Shield," ujar Dudung.

Dudung juga menyampaikan kerja sama antara TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat telah terjalin dalam waktu yang cukup lama, bahkan senantiasa terlaksana dengan baik.

Oleh karena itu, menurut dia, kerja sama tersebut perlu dilanjutkan karena baik TNI AD maupun Angkatan Darat Amerika Serikat merupakan pilar utama di bidang pertahanan negaranya masing-masing.

"Upaya kerja sama militer yang konstruktif pada dasarnya perlu dilanjutkan karena kedua angkatan darat ini, baik TNI AD maupun Angkatan Darat Amerika Serikat merupakan pilar utama dalam bidang pertahanan negaranya masing-masing," ujar Dudung.

Dikatakan pula bahwa berbagai bentuk kerja sama dapat ditingkatkan, terutama terkait dengan bidang pendidikan dan latihan personel.

Dudung berharap kerja sama itu dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan hubungan kedua negara.

Di samping itu, dia berharap kerja sama ini mampu meningkatkan profesionalitas prajurit TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat.