Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama ReBach Internasional luncurkan program Re-Space

id Dompet Dhuafa

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama ReBach Internasional luncurkan program Re-Space

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama ReBach Internasional launching Program Re-Space. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa.

Tanggerang (ANTARA) - Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama ReBach International  meluncurkan program Re-Space di Institut Kemandirian Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/4/2022). 

Direktur Institut Kemandirian Abdurrahman Usman mengatakan, Re-Space merupakan program inovasi pemecahan masalah sosial di masyarakat yang mendukung menyiapkan sumber daya manusia andal dan terampil menuju Indonesia Emas 2045.

"Institut Kemandirian selama ini sudah menjalankan pelatihan keterampilan reguler dengan sembilan jenis jurusan yang berbeda, dengan Re-Space akan ada penambahan diklat berupa pengolahan pangan, digital marketing dan pengolahan kayu," ujar Abdurrahman.

"Tapi ini bukan sekedar diklat, ini juga pilot project yang ada di Indonesia berupa inkubasi bisnis. Kita ingin mencetak menjadi entrepreneur baru, bukan sekedar menjadi pekerja," tambahnya.

Menurut dia, program ini bisa berjalan berkat kesamaan visi antara Institut Kemandirian dan ReBach International Co, Ltd.

"Harapannya manfaatnya bisa lebih luas dan makin banyak masyarakat yang terlibat di dalamnya. Sehingga, bisa membantu permasalahan di Indonesia terkait pengangguran dan kemiskinan," katanya.

Pimpinan ReBach, Park Youngjun menjelaskan bahwa ruang ini akan menjadi langkah inisiatif dalam rangka membangun model untuk menyebarkan visi dan misi ReBach.

 "Generasi masa depan di Indonesia dapat membangun kapasitas kemandirian mereka sendiri melalui berbagai cara interaksi antara pemuda dan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, kolaborasi ini adalah kemitraan luar biasa yang memulai bisnis sosial oleh perusahaan sosial Korea dan Indonesia.

Peluncuran program ini bersamaan dengan peresmian gedung 'Inovasi Kemandirian' berlokasi di Jalan Zaitun II Islamic Village, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. 

Agenda ini turut dihadiri oleh Prof Chon Sangyung dari Inha University, An, Jungeun (Director of Good Pepole) Park, Youngjun (CEO of Rebach International) Ahmad Shonhaji Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat – Dompet Dhuafa, serta tamu undangan lainnya.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.