Bupati Pesisir Barat imbau warga waspada DBD di musim penghujan

id lampung, pesisir barat

Bupati Pesisir Barat imbau warga waspada DBD di musim penghujan

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal (Antaralampung/Doc Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan antisipasi penularan penyakit demam berdarah.

“Sehubungan dengan musim hujan yang tidak menentu dan terus berkepanjangan, sehingga memungkinkan berdampak pada penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD),”kata Agus Istiqlal, di Pesisir Barat, Kamis.

Menurutnya, pihak dinas kesehatan harus bisa menyosialisasikan dan imbauan kepada seluruh Camat, Lurah/Kepala Desa serta seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan dan mengidentifikasi Gerakan Masyarakat (Germas).

“Mari bersama membersihkan lingkungan di sekitar tempat kerja maupun tempat tinggal masing-masing dan melaksanakan 3M plus,” katanya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko mengatakan, jajarannya Dinas Kesehatan siap siaga melakukan pencegahan, salah satunya melalui pemberantasan sarang nyamuk.

“Dalam rangka kesiapsiagaan penyakit DBD terutama musim penghujan, ini harus menjadi perhatian dan kewaspadaan bersama,”katanya

Tedi menjelaskan, perlu diberikan perhatian khusus pada prinsip dalam pengendalian vektor yang mendukung gerakan 1 rumah 1 jumantik yang bertujuan untuk menurunkan populasi vektor nyamuk serendah mungkin sehingga tidak terjadi kontak antara nyamuk dan manusia serta tidak terjadi penularan DBD.

Menurutnya, pemberantasan sarang nyamuk merupakan cara terbaik untuk menurunkan populasi nyamauk sehingga populasi nyamuk infektif menurun dan penularan DBD juga menurun.