Bartomeu setujui Barca gabung kompetisi baru sebelum undurkan diri

id Josep Maria Bartomeu,Barcelona,Liga Super Eropa,Liga Spanyol,La Liga

Bartomeu setujui Barca gabung kompetisi baru sebelum undurkan diri

Josep Maria Bartomeu. REUTERS/Albert Gea.

Jakarta (ANTARA) - Josep Maria Bartomeu memang tidak lagi menjabat sebagai presiden Barcelona, tetapi ia sempat menyetujui undangan agar klub Katalunya tersebut bergabung ke sebuah kompetisi baru.

Ia mendaftarkan Barcelona ke Liga Super Eropa sebelum ia mengumumkan dirinya mengundurkan diri sebagai presiden Barcelona pada Rabu.

Bartomeu membuat pengumuman tersebut dalam pidatonya yang mengonfirmasi bahwa ia dan dewan direksi Barca telah mundur dari jabatannya.

Baca juga: Presiden Barca Josep Maria Bartomeu resmi undurkan diri

"Saya bisa mengumumkan beberapa berita luar biasa," kata pria berusia 57 tahun tersebut yang dikutip Sky Sports pada Rabu (28/10).

"Kami menerima undangan Liga Super Eropa. Penerimaan ini harus diratifikasi oleh dewan berikutnya. Kami juga telah menyetujui format Piala Dunia Antarklub yang baru."

Namun, keputusan Bartomeu agar Barcelona berpartisipasi dalam kompetisi Eropa tersebut masih belum dijamin terjadi. Persetujuan dari para anggota klub masih harus dibutuhkan sebelum entri mereka dikonfirmasi.

Kompetisi tersebut direncanakan akan menggantikan Liga Champions dan kemungkinan akan dimulai pada 2022. Liga Super Eropa akan diikuti 16 atau 18 tim, dengan klub partisipan dapat memainkan minimal 30 pertandingan selama satu musim.

Di sisi lain, pengumuman itu ditentang oleh Presiden La Liga Javier Tebas , yang menganggap bahwa keterlibatan Barca dalam kompetisi tersebut malah akan menghancurkan klub.

"Sayangnya Bartomeu mengumumkan pada hari terakhirnya partisipasi dalam kompetisi hantu, yang akan menghancurkan Barcelona dan menegaskan ketidaktahuan mereka di industri sepak bola," kata Tebas.

"Akhir yang menyedihkan dari seorang presiden yang sukses tetapi belakangan ini melakukan kesalahan."


 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar