Harga sawit di Mesuji turun

id harga sawit, petani mesuji

Harga sawit di Mesuji turun

Harga Sawit turun masyarakat menjerit (Antara Lampung/ Raharja)

Harga sawit di tingkat petani Mesuji turun
Mesuji (ANTARA) - Sejumlah petani di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung mengeluhkan harga kelapa sawit turun dari Rp1.800 menjadi Rp1.500 per kilogram.

Salah satu petani sawit Katiran di Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji  Minggu mengatakan harga sawit di tingkat petani terus mengalami penurunan hingga saat ini mencapai Rp1.500/kg.

"Sebelumnya, harga sawit pada tingkat petani sempat mencapai Rp1.800 per kilogram, kemudian turun menjadi Rp1.750  dan sekarang hanya Rp 1.500 per kilogram," jelasnya.

Katiran mengatakan harga sawit petani kembali terancam turun karena memasuki musim panen di semua wilayah perkebunan sawit.

"Seperti biasanya pada saat musim panen hasil produksi petani khususnya sawit akan mengalami penurunan," tambahnya.

Menurut dia, harga sawit yang cenderung terus menurun sangat dirasa membebani bagi petani karena dianggap tidak sebanding dengan biaya operasional seperti pemeliharaan dan pemupukan.

Ia mengharapkan pemerintah untuk segera membantu memberikan solusi kepada petani sawit yang berdampak langsung pada penurunan ekonomi masyarakat.

Sementara  petani sawit lainnya, Basis mengatakan, harga sawit di tingkat petani hanya dibeli oleh pedagang atau pengepul Rp1.500/kg.

"Harga sawit sebesar itu, hanya cukup untuk perawatan kebun, belum termasuk biaya penyemprotan dan pemupukan," tambahnya.
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar