Jalan Tol Trans Sumatera dilalui 96 juta lebih kendaraan selama Lebaran 2019

id Jalan tol, tol lampung, trana sumatra, arus mudik, arus balik, lebaran 2019, emir

Jalan Tol Trans Sumatera dilalui 96 juta lebih kendaraan selama Lebaran 2019

Pengendara mobil antre saat akan memasuki Tol Gate Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (9/6/2019). (ANTARA FOTO/Ardiansyah/ama)

Bandarlampung (ANTARA) - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Lampung sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2019 dilalui sebanyak 96 juta lebih kendaraan.

Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan Utara di dekat Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 mengalami peningkatan arus kendaraan yang melewati sangat drastis. Bahkan selama 11 hari kepadatan arus mudik dan balik Lebaran itu terjadi peningkatan kendaraan yang melaluinya mencapai hingga 80 persen dari hari biasanya. 

"Kenaikan sangat drastis pada arus mudik dan balik Lebaran 2019, bahkan satu hari bisa mencapai 10 ribu lebih kendaraan yang masuk dan keluar dari Gerbang Tol Bakauheni ini," kata Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol PT Hutama Karya Aries Dewantoro, saat dikonfirmasi dari Bandarlampung, Rabu. 

Menurutnya, kendaraan arus mudik dan balik Lebaran 2019 yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan sebanyak 96.084.782 kendaraan, sedangkan untuk kendaraan yang keluar Gerbang Tol Bakauheni Selatan sebanyak 68.381 kendaraan. 

Kondisi itu berbeda dengan di Gerbang Tol Bakauheni Utara yang mengalami peningkatan hingga 90 persen dari biasanya, mengingat Gerbang Tol Bakauheni Selatan ini langsung menuju pintu gerbang masuk ke Pelabuhan Bakauheni. 

"Sangat drastis berbeda, di Gerbang Tol Bakauheni Selatan itu langsung ke Pelabuhan Bakauheni, sedangkan Gerbang Tol Bakauheni Utara itu tidak langsung dan melintas di jalan arteri," katanya pula.

Ia menjelaskan, untuk Gerbang Tol Bakauheni Utara yang masuk mencapai 68.381 kendaraan dan yang keluar mencapai 13.408 kendaraan. 

"Kenaikan yang sangat drastis di Gerbang Tol Bakauheni Selatan karena banyak faktor yang utama, yaitu jangka waktu libur lebih lama dan rata-rata pemudik ingin melintasi Jalan Tol Trans Sumatera," katanya lagi. 

Aries mengatakan, bila dijumlahkan kendaraan yang melewati seluruh Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara mencapai 96.234.954 kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.