BPBD: pesisir Lampung Timur aman dari tsunami

id Ilustrasi tsunami

Ilustrasi gempa bumi (Foto: Ilustrasi/Net)

Tidak akan berpengaruh tsunami, karena tidak ada patahan,
Lampung Timur  (Antaranews Lampung ) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Timur mengatakan bahwa kawasan pesisir daerah itu aman dari tsunami jika terjadi gempa bumi karena tidak dilewati lempeng tektonik India-Austaralia dan lempeng Eurasia.

"Untuk Lampung Timur tidak termasuk daerah tsunami, patahan lempeng itu adanya dari Aceh sampai Lampung Barat dan Pesisir Barat. Kita di timur tidak ada patahan Australia dan Eurasia," kata Kepala BPBD Lampung Timur Tri Pranoto saat dihubungi di Lampung Timur, Kamis.

Dia menjelaskan apabila terjadi gempa bumi di wilayah Lampung Timur, tidak akan memicu tsunami.

"Tidak akan berpengaruh tsunami, karena tidak ada patahan," ujarnya.

Terkait dengan wilayah Lampung Timur tidak berpotensi tsnuami, pihaknya pun tidak memiliki alat pendeteksi dan peringatan dini tsunami.

Oleh karena daerah setempat jauh dari potensi tsunami, BPBD belum berencana mengadakan mitigasi bencana tsunami bagi warga di pesisir timur laut daerah itu.

"Untuk warga pesisir Lampung Timur, Pasir Sakti-Labuhan Maringgai potensi tsunami tidak ada, dan belum diperlukan mitigasi bencana di kawasan tersebut, yang dilakukan hanya sosialisasi oleh kepala desa masing-masing menghadapi tsunami," katanya.

Pihaknya memberikan surat edaran kepada camat, kepala desa, bahwa Lampung Timur tidak berpotensi tsunami.

"Sejak setahun lalu hingga sekarang kami belum melakukan mitigasi bencana, terutama terkait tsunami," tambah Tri Pranoto. 


 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar