Dinas Perkebunan Waykanan dapat bantuan Rp5,9 miliar

id Kepala Dinas Perkebunan Waykanan, Bani Aras

Kepala Dinas Perkebunan Waykanan, Bani Aras (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Mudah-mudahan melalui bantuan ini Waykanan dapat mendukung program Pemprov Lampung dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian, katanya
Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun ini memberikan bantuan senilai Rp5,9 miliar kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Waykanan untuk rawat ratoon tebu, rehabilitasi lada dan "grab leader" tebu.

Kepala Dinas Perkebunan Waykanan, Bani Aras, Rabu menjelaskan, bantuan dari Pemprov Lampung tersebut merupakan bentuk komitmen untuk memajukan dan meningkatkan produktivitas perkebunan di Kabupaten Waykanan.

"Mudah-mudahan melalui bantuan ini Waykanan dapat mendukung program Pemprov Lampung dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian," katanya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut antara lain akan digunakan untuk rawat ratoon tebu seluas 1.000 hektare (ha) senilai Rp3,1 miliar, rehabilitasi lada seluas 200 ha senilai Rp790 juta dan pengadaan grab leader tebu sebanyak 2 unit senilai Rp2,1 miliar.

Di sektor perkebunan, katanya, yang menjadi prioritas utama untuk mendukung program Pemprov Lampung adalah komoditi kopi, lada, tebu, karet, singkong dan lainnya.

Bantuan rawat ratoon ini akan dialokasikan di Kecamatan Negara Batin, Pakuon Ratu dan Negeri Besar yang memiliki lahan tebu cukup luas, sedangkan untuk lada dialokasikan di enam kecamatan, yaitu Gunung Labuhan, Baradatu, Banjit, Kasui, Rebang Tangkas, dan Blambanganumpu.

"Kita akan berikan sesuai dengan kewilayahannya, seperti grab laeder dan rawat ratoon akan dialokasikan di Kecamatan Pakuon Ratu, Negeri Besar, dan Negara Batin," ujarnya.

Bani Aras mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya agar produktivitas perkebunan di Waykanan dapat terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Waykanan bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas serta kualitas komoditi tanaman perkebunan khususnya terkait produk pascapanen.

"Gubernur Lampung telah menetapkan program-program pembangunan yang pro rakyat termasuk di sektor perkebunan," katanya.

Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar produksinya lebih berkualitas dan meningkat.

Potensi perkebunan yang dikembangkan di masing-masing daerah saat ini sangat besar, karena itu Pemprov Lampung melalui Dinas Perkebunan dan Perternakan terus berkomitmen untuk memberikan perhatian dengan menyalurkan bantuan untuk peningkatan hasil panen perkebunan di masing-masing kabupaten, tambahnya. *
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar