Tokoh pers Lampung meninggal dunia

id tokoh pers lampung meninggal dunia,sutan syahrin oelangan

Tokoh pers Lampung meninggal dunia

Almarhum Sutan Syahrir Oelangan (Foto : Ist)

Banyak petuah dan pelajaran yang ditularkan almarhum kepada para rekan wartawan di Lampung
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Tokoh pers dan wartawan senior Provinsi Lampung Sutan Syahrir Oelangan meninggal dunia setelah dirawat akibat sakit di Rumah Sakit Advent Bandarlampung, Senin (29/1) malam.

Selain aktif di dunia kewartawanan, Sutan juga dikenal sebagai pengacara senior, aktif di organisasi olah raga, dan juga tokoh adat Lampung.

Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian mengatakan, jenazah Sutan Syahrir Oelangan akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Kenangan, Rawalaut, Enggal Bandarlampung.

"Semoga abang, ayahanda Sutan Syahrir Oelangan wafat husnul khotimah," katanya.

Menurut Supriyadi, keluarga besar PWI Lampung merasa sangat kehilangan atas kepergian Sutan. Di kalangan wartawan, Sutan selalu dekat dengan wartawan junior pada masa orde baru dan era reformasi.

Banyak petuah dan pelajaran yang ditularkan almarhum kepada para rekan wartawan di Lampung. Terakhir di masa tuanya, Sutan mendirikan koran Krakatau Post yang juga dipimpin oleh anaknya Mediarsyah Sutan.

Keluarga besar PWI Lampung sangat kehilangan atas kepergian tokoh yang mimpuni tersebut, tutur Supriyadi.

Sebelum koran Krakatau Post, keluarga Sutan juga banyak mendirikan tabloid yang merangkul anak muda yang segar untuk menjadi wartawan berbakat.

Sebelumnya, enam bulan lalu istri almarhum, Aryati, telah meninggal dunia pada 13 Juli 2017. Sutan Syahrir semasa hidupnya memang menderita penyakit jantung. Namun, berkat kesabarannya, dia mampu bertahan lama mengisi hari-hari tuanya.

"Bang Sutan termasuk orang yang kuat dengan penyakit jantungnya. Banyak teman seangkatannya yang sehat jasmaninya, sudah mendahuluinya," kata Naviandri, salah seorang mantan wartawan nasional yang bertugas di Lampung.

Di masa kepemimpinan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Sutan Syahrir Oelangan banyak berkiprah dalam bidang adat Lampung dan olahraga.

Kiprahnya memajukan adat Lampung menghasilkan organisasi besar yakni Lampung Sai. Organisasi tersebut menghimpun orang yang berada di Lampung dan luar Lampung.

Selamat jalan Bang Sutan, semoga engkau tenang di sana. Karya dan jasamu bagi pers Lampung akan selalu dikenang.