Lampung Tengah manfaatkan teknologi informasikan harga sembako

id harga lewat running text, dinas perdagangan lampung tengah, syarief kusen, pasar bandarjaya

Lampung Tengah manfaatkan teknologi informasikan harga sembako

Bupati Lampung Tengah Mustafa (topi merah) saat turun ke pasar mengecek harga beberapa waktu lalu (Foto : Humas Pemkab Lampung Tengah)

Selain sebagai media informasi, pemanfaatan running text bertujuan untuk menjaga stabilitas harga, katanya
Lampung Tengah (Antaranews Lampung) - Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Tengah tahun ini akan memanfaatkan teknologi "running text" untuk menginformasikan perkembangan harga sembilan bahan pokok (sembako) terkini.

Kepala Dinas Perdagangan Lampung Tengah Syarief Kusen, Senin mengatakan, informasi harga sembako secara "running text" itu akan dipasang di tiga titik lokasi, yakni Pasar Bandarjaya, Kalirejo, dan Kotagajah.

"Selain sebagai media informasi, pemanfaatan running text bertujuan untuk menjaga stabilitas harga. Jadi nanti tidak ada pedagang yang menjual sembako melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan," katanya.

Sistem pemerintahan berbasis IT memang selaras dengan arahan Bupati Lampung Tengah Mustafa. Pemanfaatan teknologi bertujuan untuk mempermudah dan mempersingkat rentang kendali dan membuat pemerintahan semakin efektif dan efisiensi.

"Lewat running text. Informasi harga sembako akan selalu 'update' setiap hari. Jadi kalau ada pedagang yang menjual di atas HET bisa dilaporkan dan akan diberikan sanksi. Sanksi bisa ditutup. Kita akan melibatkan Satpol PP untuk melakukan penertibannya,” katanya.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Mustafa menuturkan, secara bertahap segala pelayanan dan birokrasi di Lampung Tengah mulai mengarah pada teknologi. Ini bagian dari bentuk pelayanan prima yang ingin diberikan Pemkab kepada masyarakat.



"Kita sudah terapkan mulai dari SIM ASN  online di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM). Projek kita selanjutnya akan ada e-planning, e-Payment, e-Budgeting, smart netizen dan konsultasi hukum online (Kumline)," kata Bupati.

Dia berharap dengan pemanfaatan teknologi maka pelayanan ke masyarakat bisa lebih cepat, akurat dan efisien.

"Suka atau tidak suka, pemanfaatan teknologi di institusi pemerintahan harus mulai diterapkan. Kita pangkas birokrasi yang kerap jadi keluhan warga, lalu kita tingkatkan pelayanan sebaik-baiknya," tegas Mustafa.