Mendikbud Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah ke Laut

id mendikbud dan olimpiade ad, muhajir efendi, sekda sutono

Mendikbud Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah ke Laut

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

...kebersihan menjadi salah satu faktor penting untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia, kata Muhadjir...
Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat Indonesia agar tak buang sampah ke laut.

"Kebersihan itu penting, beberapa kali saya melakukan kunjungan ke daerah, sampah laut masih menjadi persoalan. Bahkan sampah-sampah tersebut telah masuk ke perut ikan dan kita mengonsumsi ikan yang tidak sehat tersebut," ujar Muhajdjir pada Malam Anugera Budaya Maritim Indonesia di Jakarta, Selasa malam.

Dia mengatakan kalau masyarkat tidak dapat menjaga laut dari sampah, maka apalagi yang harus diandalkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Indonesia yang seharusnya sebagai poros maritim dunia ternyata saat ini menjadi poros sampah, ini harus kita perangi," kata dia.

Selain itu, menurut Muhadjir kebersihan menjadi salah satu faktor penting untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia.

"Perlahan-lahan Indonesia akan beralih ke sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi, karena sektor pariwisata lebih kokoh daripada yang lain," tuturnya.

Muhadjir mengatakan Indonesia memiliki keunikan yang menjadi daya tari para wisatawan yaitu budaya, ekonomi kreatif dan pemandangan alam terutama laut.

(ANTARA)