Pertamina Tambah Pasokan BBM Jelang Iduladha

id pertamina,Area Manager Communication and Relations, Pertamina Sumbagsel, M. Roby Hervindo

Pertamina Tambah Pasokan BBM Jelang Iduladha

Seorang petugas SPBU sedang mengisi BBM suatu kendaraan pribadi di Bandarlampung. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

...Produk itu antara lain premium, pertalite, pertamax, solar, dex dan dexlite. Konsumsi tertinggi bahan bakar minyak diprediksi akan dicapai produk pertalite sebesar 107 persen dan solar 104 persen...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pertamina menyiapkan tambahan pasokan bahan bakar minyak (BBM) sebanyak rata-rata 105 persen untuk semua produk di wilayah Sumatera Bagian Selatan menjelang Iduladha 1438 Hijriah/2017 Masehi.

"Produk itu antara lain premium, pertalite, pertamax, solar, dex dan dexlite. Konsumsi tertinggi bahan bakar minyak diprediksi akan dicapai produk pertalite sebesar 107 persen dan solar 104 persen," kata Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagsel M Roby Hervindo dalam rilis yang diterima di Bandarlampung, Rabu (30/8).

Ia mengatakan Pertamina juga memprediksi kenaikan konsumsi BBM terjadi pada H-2 hingga H+1 Iduladha 2017.

Menurutnya, tren konsumsi BBM terlihat ada lonjakan cukup siginifikan pada H-2 hingga H+1 Iduladha, namun Pertamina telah menyiapkan tambahan pasokan sejak H-7 hingga H+7.

Roby juga menambahkan, Pertamina telah menambah jam operasional Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) guna melayani kebutuhan masyarakat akan BBM.

"Untuk jalur strategis yang biasa dilalui para pemudik, sebanyak hampir 130 SPBU di seluruh wilayah Sumbagsel akan buka 24 jam dan khusus jalur-jalur wisata juga SPBU akan memperhatikan keandalan stoknya. Sedangkan TBBM, akan tetap beroperasi selama hari libur," ujar Roby.

Sementara itu, Roby menambahkan untuk pasokan elpiji 3 kg juga ditambah rata-rata hampir 6 persen untuk seluruh wilayah Sumbagsel. Penambahan alokasi tersebut telah dilakukan sejak minggu ketiga Agustus 2017.

"Untuk seluruh wilayah Sumbagsel Pertamina telah menambah pasokan antara 4 hingga 7 persen tergantung lokasi masing-masing. Penambahan pasokan tertinggi yaitu 7 persen di wilayah Sumsel menyesuaikan dengan realisasi konsumsi," jelas Roby.

Pertamina, kata Roby, menjamin pasokan elpiji di masyarakat selama periode Iduladha 2017 dan tetap dilakukan monitor untuk memantau ketersediaan elpiji apabila sewaktu-waktu perlu adanya penambahan pasokan lagi.

Selain itu, ia menambahkan, Pertamina juga akan tetap mengoperasional Depot LPG di seluruh Sumbagsel pada Minggu untuk mengantisipasi lonjakan pasokan elpiji.

(ANTARA)