Kamerun bebaskan 900 tawanan, tewaskan 100 gerilyawan

id Kamerun bebaskan 900 tawanan, tewaskan 100 gerilyawan

Yaounde (Antara/AFP) - Pasukan Kamerun menewaskan sekitar 100 anggota Boko Haram dari Nigeria, membebaskan hampir 900 tawanan dan menyita sejumlah bendera kelompok bersenjata IS sepanjang pekan lalu, kata kementerian pertahanan setempat pada Rabu.
        
"Gerakan pembersihan khusus sejak 26 hingga 28 November berhasil menewaskan lebih dari 100 anggota teroris di wilayah perbatasan di Nigeria," kata menteri Pertahanan Joseph Beti Assomo dalam pernyataan disiarkan radio nasional setempat.
        
"Pembersihan tersebut juga berhasil membebaskan hampir 900 tawanan, menyita cadangan senjata dalam jumlah besar dan bendera kelompok IS berwarna hitam dan putih," kata pernyataan tersebut tanpa menjelaskan lebih lanjut jati diri yang dibebaskan.
        
Boko Haram sebelumnya menyatakan diri bergabung dalam kekhalifahan IS di Irak dan Suriah sehingga tidak mengherankan jika ditemukan bendara kelompok tersebut.
        
Boko Haram adalah kelompok teroris yang beroperasi di Nigeria sebelah utara. Namun akibat operasi militer bersama dari beberapa negara, mereka terus terdesak dan melarikan diri ke negara-negara tetangga seperti Kamerun.
        
Hingga kini, belum ada konfirmasi independen atas penyataan Kementerian Pertahanan mengingat daerah tempat operasi masih teralang untuk dimasuki wartawan.
        
Sejumlah sumber dari dalam militer yang dihubungi melalui telepon membenarkan bahwa terjadi serangan pembersihan namun mereka tidak dapat menyebutkan jumlah korban maupun tawanan yang berhasil dibebaskan.

Penerjemah : GM.N.Lintang/B. Soekapdjo