Akibat kemarau, RS Lamsel kekurangan air bersih

id Akibat kemarau, RS Lamsel kekurangan air bersih

Akibat kemarau, RS Lamsel kekurangan air bersih

Beberapa anak bermain di Sungai Mlungun yang kering sehingga telah kelihatan dasarnya. (FOTO ANTARA Lampung/Garifianto/dokumentasi.)

Kalianda (Antara Lampung) - Rumah Sakit Umum Daerah dr Bob Bazar di Kalianda Kabupaten Lampung Selatan kekurangan air bersih  akibat musim kemarau di wilayan itu.
        
Kondisi minim ketersediaan air bersih di dalam kamar mandi RSUD Bob Bazar Kalianda itu, menjadi sorotan utama Penjabat (Pj) Bupati Lampung Selatan Kherlani dalam kunjungannya ke rumash sakit itu, Selasa.
        
"Berdasarkan laporan dari beberapa pasien, air di rumah sakit ini tidak mengalir sejak dua hari lalu," katanya.
        
Karena itu, ia menginstruksikan Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda untuk segera menganggarkan dana pembuatan sumur bor, menambah tower air, dan perbaikan saluran instalasi pengairan rumah sakit tersebut.
        
"Di rumah sakit bila terkendala dengan ketersediaan air bersih, berarti itu menjadi kendala besar, tidak bisa main-main," katanya pula.
       
Menurutnya, RS merupakan tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan, namun apabila terjadi kendala ketersediaan air, justru hal tersebut dapat memperparah kondisi pasien.
        
"Karena kita ini merawat orang-orang sakit, ketika urusan ke kamar kecil menjadi kendala, bukannya menjadi sembuh bisa-bisa nambah sakit nanti pasiennya," kata Kherlani lagi.
        
Ia berharap dalam waktu satu minggu, kendala ketersediaan air bersih di toilet dimasing-masing ruangan pasien RSUD itu mendapatkan solusi.