Kota Minyak Tanpa Listrik

id Kota Minyak Tanpa Listrik , Kanada, Banjir, Genangan, Electrik, Electrisity, PLN, LAMPU, JALAN

Kota Minyak Tanpa Listrik

Petugas PLN sedang memasang instalasi listrik. (FOTO Dok. ANTARA/Arief Priyono).

Kami telah melihat situasi di seluruh daerah selatan dan khususnya Alberta barat daya telah sampai pada batas ketahanannya, yang berarti curah hujan 20mm akan dapat menimbulkan banjir bandang."
Calgary, Alberta (Antara/Reuters)- Sejumlah penduduk mulai pulang ke rumah-rumah mereka yang hancur Sabtu setelah banjir hebat di Alberta , Kanada selatan yang menewaskan setidaknya tiga orang dan lebih dari 100.000 orang terlantar dan menyebabkan ibu kota minyak Kanada, Calgary tanpa alir listrik selama beberapa hari.

Masyarakat di selatan dan timur Calgary berada dalam siaga tinggi ketika air bah melanda daerah mereka. Dan bahkan ketika Calgary mencabut perintah evakuasi, para pejabat memperingatkan penduduk agar tetap waspada.

"Kami telah melihat situasi di seluruh daerah selatan dan khususnya Alberta barat daya telah sampai pada batas ketahanannya, yang berarti curah hujan 20mm akan dapat menimbulkan banjir bandang," kata Menteri Urusan Perkotaan Alberta, Doug Griffiths dalam jumpa wartawan.

"Jangan khawatir karena awan cerah dan jalan-jalan tidak tergenang air karena itu aman untuk pulang ke rumah-rumah mereka."

Banjir terjadi setelah 36jam hujan deras yang tidak biasa terjadi akibat volume air di sungai-sungai lokal mencapai tingkat bahaya. Sejumlah daerah menerima enam bulan hujan yang normal dalam dua haru hari.

Pengungsian dimulai Kamis, dan perusahaan Enmax menghentikan aliran listrik ke Calgary tengah Jumat petang untuk menghindari air merusak fasilitas-fasilitas di tengah kota. Daerah itu masih tanpa aliran listrik dan tertutup bagi kendaraan Sabtu.

Sejumlah wisatawan dan penduduk mondar mandir di jalan-jalan pusat kota itu, tetapi daerah itu sepi sekali.

Para pejabat mengatakan terlalu cepat untuk mengatakan berapa biaya yang diperlukan untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak akibat banjir dan membangun kembali jalan-jalan raya dan jembatan yang hanyut akibat diterjang banjir.

Tetapi banjir itu  tampaknya terburuk ketimbang tahun 2005, yang menyebabkan  kerusakan harta benda 400 juta dolar Kanada )383 juta dolar AS)di provinsi Kanada barat itu.

*Bagian terbesar evakuasi adalah di Calgary, satu kota berpenduduk 1,1 juta jiwa tempat perusahaan-perusahaan negara terbesar Kanada walaupun evakuasi-evakuasi di daerah-daerah lain mencapai lebih dari 100.000 orang.

Calgary mendesak para pengemudi kendaraan agar tidak melalui jala-jalan dan memperingatkan penduduk jangan terlalu dekat ke sungai-sungai yang meluap.

"Jika anda ingin membantu kota anda, hal yang paling baik  yang anda dapat lakukan adalah tinggal di rumah," kata Wali Kota Calgary Naheed Mensh, yang terlihat lelah setelah dua dua hari menangani krisis dalam jumpa wartawan.

Daerah produksi minyak utama Kanada di utara provinsi itu  tidak terkena dampak banjir, kendatipun sejumlah lahan pertanian digenangi air, yang mungkin akan mengurangi produksi terigu.

Polisi mengatakan tiga mayat ditemukan dekat High River sekitar 60km selatan Calgary.

Di Calgary pihak berwenang mengatakan tingkat ketinggian air  diperkirakan akan menurun dalam beberapa hari ke depan. Tetapi Bow River masih meluap sekitar lima kali angka normal.

Seorang juru bicara Imperial Oil, produser terbesar kedua dan kilang mengatakan perusahaan itu sedang berencana untuk mempertahankan operasi-operasi penting termasuk mengizinkan para karyawan bekerja dari lokasi-lokasi lain.

Perusahaan Shell Kanada mengatakan kantor-kantornya di kota Calgary akan ditutup sampai Rabu dan para karyawan akan bekerja dari rumah.

Penerjemah: R.Nurdin/A.Krisna.
Editor : M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar