Bola Spanyol Kalahkan Haiti

id Bola Spanyol Kalahkan Haiti , sepak bola, dunia, Pial Dunia, World Cup, Persahabatan, Latih Tanding, Sparing Partner

Spanyol akan memainkan laga persahabatan lainnya, melawan Irlandia Selasa di Yankee Stadium New York, sebelum maju ke turnamen Piala Konfederasi di Brazil bersama Uruguay, Nigeria dan Tahiti di Grup B."
Miami (Antara/Reuters) - Juara dunia Spanyol menang 2-1 atas Haiti pada pertandingan pesahabatan yang berlangsung Sabtu, ketika mereka melakukan pemanasan menjelang tampil pada turnamen Piala Konfederasi bulan ini.  

Setelah Fernando Torres sempat mendekat ke gawang lawan dan melakukan tendangan voli spektakuler, akhirnya tim asuhan Vicente del Bosque itu baru berhasil menjebol gawang Haiti pada menit kedelapan lewat tendangan mendatar yang dilancarkan Santi Cazorla.  

Spanyol menggandakan gol mereka pada menit ke-19 ketika Juan Mata mengoper bola kepada Cesc Fabregas, yang dengan cepat menjebloskannya ke dalam gawang lawan.  

Pertandingan berlangsung berat sebelah, ketika Spanyol menguasai semua lini Haiti, yang berjuang dalam beberapa tahun ini dalam kompetisi CONCACAF dan pada laga itu berusaha keras mendapatkan bola pada laga di udara panas dan lembab itu.  

Spanyol menurunkan pemain tengah Barcelona Andres Iniesta dan
Xavi pada babak kedua dan nyaris membuat angka menjadi 3-0 ketika Roberto Soldado menggebrak pertahanan lawan pada menit ke-70.
 
Tetapi Haiti akhirnya berhasil menguasai bola dan membuat penonton mereka sekitar 36.535 orang di Sun Life Stadium bersorak gembira saat timnya membalas dengan gol pada menit ke-76.  

Bola jatuh ke arah bek kiri Wilde-Donald Guerrier, yang dengan gesit membuat jarak dengan lawannya dan berhasil melewati lini pertahanan Spanyol, kemudian menundukkan penjaga gawang Pepe Reina.  

Itu merupakan hadiah atas usaha keras Haiti, sementara Spanyol meningkatkan pemainan mereka pada menit akhir guna menghindari terjadinya potensi memalukan bila gawang mereka kembali kebobolan.  

"Pada babak pertama saya kira kami memainkan laga level kami seperti biasa. Kami menguasai bola dan menciptakan banyak peluang," kata Del Bosque.  

"Setelah turun minum kami kurang melakukan tekanan dan kurang intens sedangkan Haiti lebih banyak menguasai bola. Tapi secara keseluruhan, pertandingan itu bagus untuk kami," katanya.  

Senyum lebar terlihat pada wajah pencetak gol Haiti, Guerrier, yang menyatakan bawa puteranya Cristiano, mengambil nama dari pemain sayap Real Madrid Cristiano Ronaldo, baru lahir sehari sebelum pertandingan itu.  

"Merupakan kehormatan besar dapat bermain melawan tim juara dunia. Saya kira kami di Haiti menunjukkan bahwa kami bukan hanya memiliki gempa bumi, tapi kami pun memiliki bakat sepak bola," kata pemain bertahan itu.  

"Rasanya amat gembira bisa mencetak gol ke gawang tim satu dunia. Mereka pemain hebat tapi mereka pun manusia biasa, mereka bukan dari planet lain," katanya.  

Spanyol akan memainkan laga persahabatan lainnya, melawan Irlandia Selasa di Yankee Stadium New York, sebelum maju ke turnamen Piala Konfederasi di Brazil bersama Uruguay, Nigeria dan Tahiti di Grup B.

Haiti juga berangkat ke Brazil untuk melakoni laga persahabatan lawan Italia, Selasa, dalam rangka pengumpulan dana untuk para korban gempa bumi di negara itu pada 2010.  
 
Penerjemah: A.R.Loebis/A.F.Firman.