Jokowi Dukung Gesang

id Jokowi Dukung Gesang , Pahlawamn Nasional, Solo, DJI Jakarta, bengawan Solo, Lagu, Keroncong, Musik, Tokoh

Semua masyarakat sudah tahu siapa Gesang itu, jasanya terlalu banyak di dunia kesenian."
Solo (Antara) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan dukungannya terhadap keinginan masyarakat Solo yang mengusulkan tokoh legendaris Gesang Martohartono menjadi pahlawan nasional saat acara "Car Free Day" di Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu.

Jokowi yang mendukung Gesang menjadi pahlawan nasional tersebut dengan ditandai melakukan tanda tangan di sebuah spanduk ukuran besar yang di gelar tepatnya di depan Sriwedari dan diikuti ratusan masyarakat lainnya.

Menurut Jokowi, masyarakat di Indonesia semua sudah tahu jasa Pak Gesang salah satu tokoh seniman di negara ini. Bahkan, Pak Gesang juga banyak dikenal oleh masyarakat internasional karena pencipta lagu Bengawan Solo.

"Semua masyarakat sudah tahu siapa Gesang itu, jasanya terlalu banyak di dunia kesenian," kata Jokowi yang sedang mudik ke Solo jika ada kesempatan hari libur.

Menurut Jokowi, semua masyarakat akan turut mendukung seperti dirinya yang memberikan apresiasi terhadap warga Solo yang mengusulkan Gesang menjadi Pahlawan nasional.

"Jasa Gesang semua sudah tahu tidak perlu disebuti satu per satu, karena terlalu banyak," katanya.

Bahkan, dukungan legendaris Gesang untuk dijadikan pahlawan nasional datang juga dari bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, juga memberikan tanda tangan atas dukungannya terhadap tokoh seniman Gesang menjadi pahlawan nasional.

"Saya apresiasi terhadap keinginan masyarakat yang menghormati dan menghargai salah satu tokoh legendaris musik keroncong itu. Saya sangat mendukung Gesang  diusulkan menjadi pahlawan nasional," kata Ganjar Pranowo saat jalan-jalan Car Free Day di Solo.

Menurut Ganjar Pranowo, bahwa penghargaan masyarakat kepada pengarang lagu Bengawan Solo yang melegendaris yang diusulkan pahlawan Nasional tersebut perlu dikonsep dengan baik.

"Saya kini sebagai anggota DPR RI akanmendukung penuh usulan itu, dengan untuk dikonsep dengan baik, dan serahkan ke pemrintah," katanya.

Sementara warga Solo yang mengusulkan Gesang menjadi pahlawan nasuional tersebut momentum bertepatan 1.000 hari wafatnya seorang maestro kerongcong itu.

"Warga Solo berharap dukungannya semua masyarakat Indonesia semoga Mbak Gesang segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional mengingat jasa dan prestasi beliau," kata Mayor Haristanto koordinator warga Solo dalam acara itu.

Menurut dia, warga yang memberikan dukungan memberikan tanda tangan di sebuah panner ukuran tiga kali lima meter persegi, dengan foto gambar Gesang.