Phillip Phillips Juara Baru "American Idol"

id Phillip Phillips Juara Baru American Idol

"American Idol" tetap menjadi tayangan yang paling banyak ditonton di televisi AS."
Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Phillip Phillips, Rabu, tampil sebagai juara "American Idol", dan menjadi pria penyanyi kelima yang secara berturut-turut meraih gelar tersebut serta meraih kontrak rekaman terjamin.

Pemain gitar yang berusia 21 tahun tersebut dari Georgia, yang menghadirkan "indie vibe" ke kontes TV papan atas itu, mengalahkan penyanyi ballada Jessica Sanchez (16), dari California, dalam pemungutan suara pemirsa.

Host "American Idol" Ryan Seacrest mengatakan rekor dunia 132 juta suara diberikan melalui telepon, pesan teks dan Internet untuk kedua finalis tersebut.

Pemenangnya diumumkan pada akhir acara final dua jam pada Rabu, dalam acara yang juga menampilkan Rihanna, Neil Diamond, Reba McEntire serta juri "American Idol" Jennifer Lopez dan vokalis grup band Aerosmith Steven Tyler.

Phillip Phllips kelihatan terpana saat Ryan Seacrest mengumumkan namanya, dan tak bisa menuntaskan penampilannya dalam membawa singel baru "Home" sewaktu ia berjuang melawan air mata.

Gaya humornya membuat dia disukai banyak perempuan penggemar "American Idol", dan selama acara itu ia tak pernah berada di posisi paling bawah dalam pengumpulan suara pemirsa dalam awal acara tayangan Fox TV tersebut.

Para juri juga memuji penampilannya dalam final Selasa malam waktu setempat. Lagu yang dibawakannya kini akan jadi singel pertamanya --ballada rock yang diberi nama "Home".

Phillip Phillips, yang bekerja di toko ayahnya sebelum ikut audisi "American Idol", juga mendapat simpati karena masalah ginjal yang kambuh dan telah menggerogoti kesehatannya selama musim "American Idol".

Sementara itu Jessica Sanchez dipuji dalam acara tersebut karena suara besarnya tapi kadangkala kekurangan emosi. Ia diselamatkan oleh para juri dari eliminasi pada April, setelah ia berada di dasar perolehan suara pemirsa, dan para juri tak menyukai lagu ketiganya dalam penampilan final Selasa malam.

"American Idol" tetap menjadi tayangan yang paling banyak ditonton di televisi AS. (ANTARA).