Bandarlampung (ANTARA) - Kadiv Layanan Internasional UPT PKLI Arif Darmawan, S.E., M.A., mewakili Universitas Lampung (Unila) mengikuti Pelatihan Penguatan Kantor Urusan Internasional (PPKUI), di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, secara luring, beberapa waktu lalu.

Pelatihan yang digelar selama lima hari itu bertujuan untuk mendorong semangat memperkuat keunggulan akademis di tingkat internasional dengan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi, guna memelihara daya saing global.

Kegiatan menjadi istimewa, karena bertepatan dengan mobilitas staf internasional yang mengundang mitra ITS dari 13 universitas di banyak negara. Peserta berkesempatan untuk terhubung dan membangun kerja sama dengan semua peserta.

Arif Darmawan menyampaikan, PPKUI adalah platform yang bagus untuk mempelajari tidak hanya pengetahuan tentang perjalanan internasionalisasi, tetapi juga memberikan pelatihan tentang pengembangan hasil nyata dan merupakan tempat yang bagus untuk memperluas jaringan.

Pelatihan yang dilaksanakan secara intensif mencakup berbagai macam praktik mulai dari pengelolaan mahasiswa asing, manajemen mahasiswa inbound/outbond, kerja sama, MoU, legal drafting, event, serta membuka kesempatan untuk menjadi bagian dari konsorsium global.

“Saya bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini sehingga contoh baik dan best practice untuk selanjutnya dapat diimplementasikan demi kemajuan unit layanan internasional di Unila,” ujarnya pula.

Momentum ini diharapkan dapat sejalan dengan visi internasionalisasi Unila, yaitu penguatan kantor urusan internasional dapat mendorong terwujudnya kesiapan berbagai sektor/unit untuk menyelenggarakan pendidikan, penguatan kerja sama dan pelayanan berskala global.
Baca juga: Unila gelar lokakarya pengembangan rencana bisnis Laboratorium PRPTN 2024
Baca juga: Unila siapkan rencana bisnis layanan laboratorium


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024