Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin mengatakan musik dapat membawa Bahasa Lampung dikenal luas secara nasional sebagai bentuk pelestarian bahasa daerah.
 
"Bahasa Lampung sebagai bahasa daerah yang kita banggakan ini harus dilestarikan, dan untuk membawa bahasa daerah kita ini bisa dikenal secara nasional harus memanfaatkan berbagai media dan strategi yang bisa dilakukan oleh berbagai pihak," ujar Samsudin berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan salah satu strategi dan media yang efektif untuk memperkenalkan Bahasa Lampung secara nasional adalah melalui musik yang dikenal sebagai bahasa universal.
 
"Bahasa Lampung ini bila bisa dikenalkan melalui musik sehingga bisa menjadi viral ke seluruh Indonesia, sama seperti lagu-lagu daerah lainnya yang terkenal pasti kelestariannya pun akan ikut terjaga sebab sudah banyak orang yang tahu," katanya.
 
Samsudin menjelaskan bahwa perjuangan untuk memajukan dan melestarikan Bahasa Lampung tidaklah mudah. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Lampung terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan terutama di bidang bahasa daerah.
 
"Harus ada inovasi dalam mengajarkan Bahasa Lampung ini, jadi bahasa daerah tidak hanya sekedar dipahami tapi di cintai oleh generasi muda. Oleh karena itu pemerintah daerah mengadakan pemilihan guru Bahasa Lampung berprestasi tingkat Provinsi Lampung," ucap dia.
 
Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan tersebut tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga upaya kolektif untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme para guru Bahasa Lampung di semua jenjang pendidikan, baik di tingkat dasar maupun pendidikan menengah di seluruh kabupaten serta kota se-Provinsi Lampung.
 
"Kita harus berjuang dengan sungguh-sungguh, bersemangat, dan tanpa mengenal lelah untuk menjadi yang terbaik. Saya berharap bahasa daerah kita Bahasa Lampung, semakin dikenal," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur Lampung minta penjabat kepala daerah pantau netralitas pilkada

Baca juga: Pj Gubernur Lampung sebut kepala daerah petahana wajib cuti selama kampanye

Baca juga: Pj Gubernur Lampung lantik empat penjabat sementara kepala daerah

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024