Bandarlampung (ANTARA) - Dies Natalis Universitas Lampung (Unila) ke-59 tahun 2024 kembali digelar, salah satu acara menarik yang turut memeriahkan dies natalis kali ini adalah lomba "solo song".

Acara ini dilaksanakan pada beberapa waktu lalu, di halaman belakang Rektorat Unila.

Kehadiran lomba ini menjadi salah satu wujud seni musik sebagai bentuk ekspresi budaya, yang berperan penting dalam membentuk karakter dan jiwa kreatif bagi para sivitas akademika. Tema yang diangkat pada lomba solo song ke-59 Dies Natalis Unila adalah “Nostalgia Kampus Kita: Universitas Lampung”.

Perlombaan solo song tidak hanya bertujuan untuk menyalurkan bakat dan minat sivitas akademika (dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa) dalam bidang musik, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi serta memperkaya atmosfer akademik dengan nuansa seni.

Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, selaku Rektor Universitas Lampung juga turut hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara perlombaan solo song dalam rangka Dies Natalis Unila Ke-59 tahun 2024.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ibu bapak yang sudah hadir dan ikut mempersiapkan acara pada pagi hari ini. Acara ini juga sekaligus sebagai salah satu rangkaian bersama kita dalam merayakan kembali Hari Jadi Unila ke-59. Semoga bapak ibu serta mahasiswa bisa mengikuti perlombaan hingga selesai.” ungkap Prof. Lusi

Peserta lomba adalah sivitas akademika di lingkungan Unila yang terdiri dari 3 kategori, yakni kategori tenaga didik sebanyak 18 peserta, kategori dosen dan pimpinan sebanyak 10 peserta, serta kategori mahasiswa sebanyak 51 peserta.

Adapun judul dan genre lagu yang dapat dipilih oleh para peserta terdiri empat genre lagu genre pop, dangdut, klasik, serta genre indie Lampung yang dimana masing-masing genre terdiri atas 10 judul lagu.

Kriteria penilaian yang terdapat pada perlombaan solo song diantaranya yakni aspek vokal, penghayatan lagu, penguasaan panggung, originalitas dan kreativitas, serta keselarasan kostum saat mengikuti perlombaan.

Bagi para pemenang juara 1,2, dan 3 nantinya akan mendapatkan piala dan hadiah uang tunai, serta sertifikat yang akan dibagikan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada perlombaan solo song kali ini.

Melalui lomba solo song ini, diharapkan dapat terlahir talenta-talenta berbakat yang mampu mengharumkan nama Universitas Lampung di bidang seni musik. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi wadah bagi sivitas akademika untuk mengekspresikan diri dan berkreativitas secara positif.


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024