Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengajak seluruh elemen bangsa ini dapat mempertahankan kejayaan jalur rempah di Indonesia serta menumbuhkembangkannya.

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama bersinergi dalam upaya mempertahankan kejayaan jalur rempah di Indonesia, serta mengembangkan kecintaan dan kesadaran generasi muda akan kearifan lokal," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, dalam Acara Pelepasan KRI Dewaruci Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2024 di Dermaga C Pelabuhan Panjang, Minggu.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta TNI AL yang telah memilih Kota Bandarlampung sebagai salah satu titik pelabuhan yang terkoneksi dengan jalur yang bersejarah ini.

"Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Kemendikbudristek dan TNI Al yang memilih Bandarlampung sebagai titik pelaksanaan program muhibah budaya jalur rempah yang bersejarah ini," kata dia.

Ia mengatakan  program ini tidak hanya mempromosikan kekayaan budaya Indonesia, namun juga memperkuat diplomasi dengan negara negara sahabat.

"Dengan terpilihnya Kota Bandarlampung sebagai salah satu titik pelaksanaan program Muhibah Budaya Jalur Rempah Kemendikbudristek RI, semakin mengukuhkan posisi kota ini lampung sebagai jalur penting di Indonesia yang melintasi selat melaka," kata dia.

Ia pun berharap kepada para peserta pelayaran KRI Dewaruci yang membawa budaya jalur rempah nusantara dapat menjaga kondisi fisik dan kekompakan selama diperjalanan.

"Kemudian kepada para pembimbing dan pendamping, saya minta untuk membantu para peserta mengenal nusantara dengan baik," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung dapat penghargaan dari Kemenkop UKM

Baca juga: Eva Dwiana ajak seluruh elemen sukseskan pilkada serentak

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung imbau ASN tak berjudi


 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024