Bandarlampung (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) menggelar pembekalan bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode Tahun 2024 dengan mengusung tema “Kolaborasi Bersinergi dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Menuju Masyarakat Madani”.

Sebanyak 20 Dosen UML mengikuti pembekalan DPL KKN yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Mardiana, pada Selasa.

Kepala LPPM Medi Yansyah, M.Pd. menyampaikan bahwa dalam KKN regular tahun 2024, terdapat 29 kelompok KKN mahasiswa yang akan disebar di 20 lokasi kelurahan dalam dua kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus, seperti Kecamatan Sumber Rejo dan Gisting.

Kegiatan ini diikuti 272 mahasiswa terdiri dari 57 mahasiswa dari Fakultas Psikologi, 45 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 20 mahasiswa Fakultas Teknik, dan 90 mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI), serta 60 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Kegiatan KKN tersebut akan dilaksanakan oleh mahasiswa secara penuh dengan terjun langsung ke desa-desa tersebut mulai 24 Juli hingga 7 September 2024 atau sekitar 40 hari.

"Selain itu, terdapat mahasiswa peserta KKN Nasional Muhammadiyah ‘Aisyiyah (Mas) diikuti sebanyak delapan orang mahasiswa yang akan diterjunkan ke Provinsi Jawa Tengah bersama dengan mahasiswa Muhamamdiyah dari seluruh Indonesia,” kata Rektor.

Rektor UML, Dr. Mardiana mengingatkan dua hal utama kepada DPL dalam pelaksanaan KKN 2024, yaitu DPL harus bisa menyesuaikan proyek KKN mahasiswa sesuai dengan bidang studi yang digeluti oleh mahasiswa masing-masing mahasiswa.

"KKN ini adalah wujud dari tridarma perguruan tinggi, yang ketiganya tidak dapat dipisahkan karena sudah menjadi satu kesatuan yang integral yang dalam pelaksanaannya, mahasiswa harus dapat mengimplementasikan bidang keilmuan masing-masing yang telah didapat di bangku kuliah dan diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat," ujar Rektor.

Selain itu, pada akhir kegiatan KKN ini, terdapat kewajiban juga bagi peserta untuk menerbitkan artikel di jurnal/publikasi terkait kegiatan yang sudah dilakukan.

Pembekalan DPL KKN tersebut menghadirkan narasumber yaitu Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Tansri Adzlansyah, M.Psi. Psikolog dengan pemberian materi berjudul “Team Building & Bounding Mahasiswa”.

Kemudian terdapat materi Al-Islam & Kemuhammadiyahan yang disampaikan oleh Kaprodi S1 Pendidikan Agama Islam Arizal Eka Putra, M.Pd.I., materi PPKS & Pendidikan Anti Korupsi (PAK) yang disampaikan Kapuslit LPPM Dr. Sulastri serta dihadiri panitia pelaksana KKN 2024 dan dosen yang bertugas sebagai DPL.

 


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024