Serang (ANTARA) - Tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) membagikan donasi hygiene kit kepada siswa-siswa Madrasah Diniah Nurul Ikhlas, Kampung Gowok, Kamis (2/12) lalu.

Donasi Paket Hygiene Kit ini merupakan sinergi Dompet Dhuafa dan PT Alibaba Cloud untuk siswa-siswa Kampung Gowok Kepuh RT 09 RW 03, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. Kampung Gowok disebut sebagai wilayah kawasan sehat LKC Banten.

Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta kemudian berlanjut dengan pembukaan oleh fasilitator Berly Rahmawati. 

Selanjutnya, materi penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan lugas disampaikan oleh Rini selaku Penanggung Jawab Kawasan Sehat Kampung Gowok. Penyampaian materi tentang 13 indikator PHBS dan 6 langkah cuci tangan menjadi indikator yang ditekankan dalam penyuluhan ini.

Usai pemaparan materi, semua peserta diarahkan untuk melakukan simulasi 6 langkah cuci tangan pakai sabun. Dibantu personel LKC lainnya, dengan sangat antusias, seluruh peserta mengikuti semua arahan.

“Alhamdulillah, selama acara berlangsung, anak-anak sangat antusias mengikuti. Saat kami ajak melakukan simulasi pun mereka ikuti dengan senang,” ujar Rini.

Paket hygiene kit dibagikan ke semua peserta yang berjumlah 35 orang.

Selain kegiatan di atas, di Kawasan Sehat Kampung Gowok, LKC juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya di antaranya workshop, training, pendampingan, seminar penyuluhan sigap bencana, aksi layanan sehat (ALS), pijat  bayi, dan senam,” kata Rini menjelaskan Program Kawasan Sehat Kampung Gowok.

Salah satu penerima manfaat menyampaikan tanggapan, Kian (8) yang merupakan siswa Madrasah Diniah Nurul Ikhlas mengaku merasa sangat senang ikutan acara tersebut 

"Aku jadi tahu cara cuci tangan yang benar. Dan aku juga sangat senang bisa dapat paket ini. Terima kasih Dompet Dhuafa dan PT Alibaba Cloud," katanya pula.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Bio Vision salurkan donasi kontes foto ke Dompet Dhuafa untuk RS Mata Achmad Wardi
Baca juga: PT Petrogas Jatim Utama Cendana gandeng DMC Dompet Dhuafa penuhi kebutuhan pangan penyintas awan panas Semeru
 

Pewarta : Muklasin
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024