Koba, Babel, (ANTARA) - Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membangun kawasan wisata "klekak durin" atau kebun durian dalam bahasa Bangka.

Penggagas kawasan wisata klekak durin, Zaiwan di Koba, Rabu, menjelaskan wisata kebun durian adalah dengan konsep ekowisata dengan mengajak wisatawan untuk langsung beriwisata alam sambil memetik durian dari pohonnya.

"Kami bersama warga yang merupakan kelompok sadar wisata sudah menyiapkan lahan satu hamparan seluas 50 hektare untuk dijadikan kawasan wisata kebun durian," ujar Zaiwan.

Menurut dia, konsep wisata alam klekak durin tergolong unik karena pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri yang dipenuhi dengan pohon durian.

"Kami sudah membagi beberapa klaster kebun durian dari berbagai nama dan jenis, nanti wisatawan juga dikenalkan dengan jenis-jenis durian lokal unggul yang rasanya lebih lezat dan nikmat," katanya.

Ia mengatakan, wisata klekak durin merupakan wisata musiman yang hanya dibuka saat musim durian.

"Ini konsepnya bukan durian hasil budi daya, tetapi murni durian lokal dari kebun masyarakat yang sudah kami klasterkan menjadi satu hamparan. Durian lokal ini berbuah berdasarkan musim, namun setiap tahun tetap berbuah," kata Zaiwan.

Zaiwan mengatakan, dari sekarang sudah mengatur kalender perjalanan wisata khusus mengunjungi kawasan wisata kebun durian atau klekek durin tersebut.

"Bahkan kami sudah mendapat tamu satu rombongan dari berbagai daerah, mereka sudah mengonfirmasi untuk berwisata saat musim durian," ujarnya.

Ia juga mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata klekek durin tidak hanya semata melihat kebun durian saja, tetapi juga bisa melihat dan menikmati buah-buahan lokal lainnya yang tumbuh di dalam satu kawasan.

"Kawasan wisata kebun durian ini juga berdampingan dengan objek wisata Hutan Pelawan penghasil madu pahit dan manis, sehingga wisatawan juga bisa mengunjungi hutan keanekaragaman hayati itu sambil menikmati madu pelawan yang langsung dari sumber produksinya," ujarnya pula.
Baca juga: Penangkaran penyu Desa Guntung, Bangka Tengah, Kepri jadi wisata edukasi
Baca juga: Pemkab Bangka Tengah bakal bangun satu panggung wisata
 

Pewarta : Ahmadi
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024