Bandarlampung (Antaranews Lampung) -Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mempromosikan pariwisata andalan daerah setempat dalam pameran World Travel Market (WTM) London 2018.
         
" Ajang pameran internasional dan bergengsi ke-39 itu  berlangsung sejak  5 hingga 7 November 2018 tersebut juga diikuti oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai upaya membuka peluang promosi pariwisata," kata Ridho, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Selasa.
         
Ia yang hadir langsung di acara itu mengatakan ajang tersebut dapat menjadi kesempatan emas bagi Lampung untuk menarik wisatawan mancanegara, terutama dari Eropa, seperti Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, dan Rusia.
         
Kehadiran dirinya pada kegiatan tersebut juga sebagai  upaya untuk terus memajukan pariwisata Lampung. 
         
"Sebelumnya, saya juga melakukan promosi ke negara Timur Tengah dan Dubai," ujarnya.
           
Ia menyebutkan, paviliun Indonesia terletak di Hall AS 1100 dan akan menempati lahan seluas 396 meter persegi dengan double decker 50 m2.
         
Tema yang diangkat adalah Kekayaan Bahari Indonesia dengan Keragaman Budayanya. 
       
Desain kapal Phinisi masih diangkat sebagai focal point Paviliun Indonesia yang ditambah dengan sentuhan arsitektur tradisional Bali. Sebanyak 53 industri pariwisata yang terdiri dari hotel, tour operator, travel agent, dan DMC ikut meramaikan Paviliun Indonesia.
         
Mereka berasal dari tujuh provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
       
Selain itu, pemerintah daerah juga hadir, yaitu dari Provinsi Lampung, Bali, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sumatera Utara turut hadir mengisi Paviliun Indonesia.
         
Meningkatnya jumlah Pemda yang berpartisipasi pada acara WTM London 2018 tersebut menunjukkan meningkatnya kesadaran pemda di Indonesia untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerahnya.
         
Gubernur Ridho berharap dengan melihat langsung WTM, Lampung bisa terus tampil di ajang internasional dan meningkatkan kunjungan wisatawan serta investasi.
       
"Sejauh ini, untuk level internasional, Inggris masih menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan wisman asal Eropa, diikuti oleh Perancis, Belanda, Jerman, dan Rusia. Kita berharap dengan tampilnya Lampung, wisatawan Eropa akan bertambah masuk ke Lampung," harap Gubernur.
         
Ridho menjelaskan, jumlah kunjungan wisman Inggris terus menunjukkan tren yang positif.

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024