Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang sukses menggelar Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

"Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang melaksanakan Germas dengan baik. Ini merupakan gerakan yang harus dilibatkan ke masyarakat agar mereka sadar betapa pentingnya kesehatan," kata Menkes saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Rabu (25/10).

Menurut Menkes, Indonesia Sehat memiliki tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Informasi kesehatan, lanjutnya, harus ditingkatkan karena baru sekitar 20 persen masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan.

Nila menjelaskan berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, seperti jaminan kesehatan nasional, penguatan sumber daya manusia, dan menguatkan puskesmas sebagai akses meningkatkan kualitas kesehatan.

"Ini merupakan sistem yang dibangun untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, juga harus diimbangi IDI dalam menempatkan distribusi tenaga kerja di puskesmas," kata Menkes.

(ANTARA)

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Samino Nugroho
Copyright © ANTARA 2024